Jurnal Penutup Kasus 1 | Metode Fisik

Tahap ketiga penyelesaian kasus 1 setelah melakukan pencatatan jurnal umum dan jurnal penyesuaian adalah mencatat jurnal penutup untuk rekening nominal. Untuk jelasnya berikut jurnal penyesuaian kasus 1 :

Penjelasan

Yang menjadi pertanyaan pada saat membuat jurnal penutup adalah :

Rekening apa saja / transaksi apa saja yang harus ditutup pada akhir periode ? dan ditutup ke rekening mana ?Â

Setelah melakukan pencatatan pada jurnal umum dan jurnal penyesuaian tahap selannjutnya adalah melakukan penutupan rekening. Rekening yang harus ditutup adalah rekening nominal, apa saja yang temasuk rekning nominal itu ?

  1. Semua jenis biaya yang dikeluarkan dipabrik dan pembelian, harus ditutup ke rekening ikhtisar produksi, dimana rekening biaya dan pembelian yang semula berada pada posisi debet dipindahkan ke sebelah kredit maka saldo seluruh biaya dan pembelian menjadi nol.
  2. Rekening retur pembelian dan potongan pembelian harus ditutup dengan cara memindahkan ke sebelah debet yang semula berada pada sebelah kredit dan ditutup ke rekening ikhtisar produksi, sehingga saldo retur dan potongan menjadi nol.
  3. Dan terakhir adalah menutup rekening ikhtisar produksi itu sendiri ke rekening ikhtisar rugi laba dengan cara mendebet rekening ikhtisar rugi laba dan mengkredit rekening ikhtisar produksi dimana jumlahnya merupakan saldo / selisih antara sisi debet dan kredit rekening ikhtisar produksi. Jadi untuk mencari berapa ikhtisar produksi yang menjadi ikhtisar rugi laba dapat dihitung dengan menggunakan bantuan buku T

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *