Jurnal Penyesuaian Kasus 1 : Metode Fisik

Berikut ini adalah jurnal penyesuaian penyelesaian kasus 1:

Tahap kedua dari kasus 1 adalah melakukan pencatatan semua transkasi pada jurnal penyesuaian. Berikut Jurnal penyesuaian untuk kasus 1 :

Penjelasan :

Yang menjadi pertanyaan pada saat membuat jurnal penyesuaian adalah :

Rekening apa saja / transaksi apa saja yang harus disesuaikan pada akhir periode ?

Pada akhir periode rekening/transaksi yang harus disesuaikan adalah :

  1. Meng-nol-kan persediaan awal (A) kontra accountnya ikhtisar produksi
  2. Mengakui persediaan akhir (C) kontra accountnya ikhtisar produksi
  3. Mencatat aktiva yang telah menjadi biaya (B.7), misal asuransi dibayar dimuka maka catat yang telah menjadi biaya pada rekening biaya asuransi dan kontra account nya tentu asuransi dibayar dimuka, atau contoh lain Iklan dibayar dimuka, maka catat yang telah menjadi biaya pada rekening biaya iklan dan kontra accountnya tenty iklan dibayar dimuka, dan seterusnya, dengan kata kunci dibayar dimuka (prepaid) rekening itulah yang harus disesuaikan di akhir periode dengan mengakui yang telah manjadi biaya.
  4. Biaya penyusutan, setiap biaya penyusutan harus disesuaikan dengan kontra account nya adalah akumulasi penyusutan pada aktiva yang bersangkutan.

    Khusus untuk kasus perusahaan industri maka seluruh biaya yang dimaksud adalah biaya yang terjadi di bagian produksi (pabrik)

    3 replies

    Trackbacks & Pingbacks

    1. […] contoh “siklus akuntansi OZS manufacture“, dimana pada tahap pertama kita telah menyelesaikan jurnal penyesuaian untuk OZS manufacture tersebut, nah tahap berikutnya adalah memposting jurnal penyesuaian kedalam neraca lajur […]

    Leave a Reply

    Want to join the discussion?
    Feel free to contribute!

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *