Baris, Kolom dan Cell


Elemen yang begitu jelas membedakan lembar kerja antara word processor dengan spreedsheet adalah tersusunnya lembar kerja atau worksheet yang terdiri dari kumpulan baris (row) dan kolom (coloumn) dan Sel (cell).

baris merupakan  array yang terbentuk secara horizontal, dimana di dalam worksheet excel versi 2003 terdiri dari 65536 baris, hal ini berarti satu worksheet excel hanya mampu menampung 65536 baris data, jadi jika anda memiliki data transaksi, data mahasiswa, data siswa dan sebagainya hanya mampu sampai 65536  data jadi jika anda memiliki data lebih dari 65536 baris, data sisanya tidak dapat disimpan, disinilah kelemahan excel tidak bisa digunakan untuk menampung baris data lebih dari 65536 data (MS excel 2003).  Untuk menuju baris terakhir anda cukup menekan tombol ctrl dan tanda panah ke bawah.

Sedangkan kolom (column) adalah array yang berbentuk vertikal dari atas ke bawah, di dalam MS excel 2003 jumlah kolom terdiri dari 256 kolom yaitu dari kolom A sampai kolom IV, jadi excel hanya mampu menampung kolom sejumlah 256 kolom jadi jika anda membuat tabel data maka kolom yang akan anda buat hanya sampai  256 kolom, jika lebih dari itu excel tidak dapat melakukannya, dan ini juga merupakan kelemahan excel dimana excel tidak cocok untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Untuk melihat kolom terakhir cukup menekan tombol ctrl dan tanda panah ke kanan, maka anda akan dibawa ke kolom terakhir.

Dan Cell merupakan perpotongan antara baris dan kolom yang didalamnya bisa diisi dengan berbagai tipe data, kotak yang mengelilingi cell atau penunjuk cell aktif disebut pointer, sedangkan di word prosesor disebut kursor.

Alamat cel yang aktif ditunjukan di layar atas kanan worksheet (lihat gambar)

Dari gambar diatas berarti posisi pointeer berada di cell B4 artinya di kolom Bbaris 4.

Kirim Komentar

Nama
Email
Website
Komentar
Validasi
Ketik ulang Kode berikut pada kotak diatas
Terdapat 0 komentar untuk artikel ini !