Elemen Layar Ms Excel


Sebelem melangkah lebih jauh dalam memecahkan masalah-masalah data dengan MS Excel, terlebih dahulu untuk pemula di excel harus mengetahui kompnen layar MS Excel agar nanti pada saat yang akan datang lebih mudah untuk memahami istilah-istilah kompen lembar kerja excel.

Dibawah ini adalah gambar lembar kerja MS Excel 2003, anda perhatikan gambar tersebut.

Dari gambar diatas terdapat beberapa komponen umum, diantaranya :

Menu Bar, merupakan baris menu yang berisi menu-menu dasar berbasis text untuk mengelola lembar kerja excel.

Tool bar, merupakan tombol singkat (Shortcut) dari sebagian menu bar yang sering diakses, toolbar bisa ditambah dan dikurangi sesuai dengan kebutuhan anda.

Name box, memiliki dua fungsi diantaranya adalah sebagai penujuk cell aktif (fungsi standar) dan fungsi yang kedua sebagai penanda kumpulan cell yang telah diberi nama yang juga merupakan jalan pintas ke menu Insert --> Name --> Define

Formula bar, merupakan tempat mengetikan isi cell dan sebagai area untuk menulis rumus yang akan digunakan untuk mengisi cell tertentu.

Spliter, terdiri dari dua yaitu horizontal spliter yang berfungsi untuk membagi layar kerja menjadi dua secara horizontal, anda cukup melakukan drag pada horizontal  spliter dan geser ke atas atau ke bawah sesuai dengan kebutuhan anda, hal ini berguna jika anda memiliki data yang ditampilkan melebihi layar dan pada saat menggulung layar anda menginginkan nama kolom tidak tergulung ke bawah. Dan satu lagi adalah vertikal spliter yang berguna untuk membagi dua layar kerja secara horizontal, untuk jelasnya kedepan akan dibahas tentang penggunaan spliter ini.

Srollbar, atau baris penggulung layar terdiri dari dua yaitu horizontal scrollbar untuk menggulung layar ke arah samping baik kiri maupun kanan, dan vertikal scrollbaryang berfungsi untuk menggulung layar ke arah atas dan bawah.

Worksheet, atau lembar kerja adalah kumpulan cell tempat menyimpan data atau tempat anda berkerja, anda bisa menambah dan mengurangi serta mengelola worksheet dengan meng-klik kanan pada sheet yang bersangkutan, kumpulan-kumpulan worksheet ini akan membentuk workbook atau lebih kita kenal file excel.

Itulah istilah dasar minimum agar anda bisa bekerja optimal dengan excel, penggunaan masing-masing elemen akan dibahas baik secara terpisah atau menyatu dengan contoh kasus.

Kirim Komentar

Nama
Email
Website
Komentar
Validasi
Ketik ulang Kode berikut pada kotak diatas
Terdapat 0 komentar untuk artikel ini !