MySQL Server


SQL (Structured Query Language)

Bahasa SQL digunakan dalam memanipulasi data yang disimpan dalam Sistem Manajemen Database Relasional (RDBMS). SQL menyediakan perintah dimana data dapat diekstraksi, disortir, diperbarui, dihapus dan disisipkan.

SQL dapat digunakan pada RDBMS seperti MySQL, mSQL, PostgresSQL, Oracle, Microsoft SQL Server, Access, Sybase, Ingres dll Semua pernyataan SQL yang penting dan umum didukung oleh RDBMS, namun bagaimanapun jjga masing-masing pengembang RDBMS SQL memiliki ciri khas nya sendiri.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, SQL adalah bahasa query umum untuk beberapa jenis database. Tutorial SQL pada elearning system ini disusun untuk MySQL, yang merupakan RDBMS open source (gratis) yang tersedia untuk di-download di MySQL.com. Namun, dalam eleraning ini telah dicoba untuk menghindari perintah-perintah khusus untuk MySQL, sehingga semua perintah yang dibahas nanti bisa berjalan di semua RDBMS seperti MS SQL, Oracle, Postgree atau yang lainnya. Tutorial SQL akan membantu membangun fondasi yang kuat dalam bahasa SQL dan Anda kemudian bisa menjadi bekal pengetahuan anda untuk RDBMS tertentu yang akan Anda gunakan di kemudian hari.

MySQL
MYSQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.


MySQL vs mysql
MySQL = Program Paket untuk database server
mysql = program/aplikasi kecil untuk mengelola database di server MySQL

Cara mengakses MySQL Server
1. Command Line Interface : mysql client

2. Web Base : phpmyadmin

3. Desktiop Application Base : navicat

Kirim Komentar

Nama
Email
Website
Komentar
Validasi
Ketik ulang Kode berikut pada kotak diatas
Terdapat 0 komentar untuk artikel ini !