Pembukuan Sederhana Untuk Toko


Artikel ini ditulis sebagai bentuk bantuan kecil kepada seorang sahabat, beliau memiliki usaha counter pulsa, dengan pembukuan manual sulit untuk melakukan kontrol atas histori transaksidari setiap langganannnya. Beliau meminta saran bagaimaan kiranya pembukuan yang cocok untuk usaha jualan pulsanya, tidak canggih-canggih cukup dengan excel saja, dan sebagai catatan trik ini tidak hanya untuk pembukuan counter pulsa saja tapi juga untuk toko-toko kecil. Sebagai screenshoot nya perhatikan gambar dibawah ini :

Pada pembukuan diatas kolom saldo secara otomatis akan terisi pada saat mengisi kolom debet atau kolom kredit, juga total kolom debet dan kredit. Pada kolom saldo baris pertama diisi  dengan rumus sebagai berikut :

=IF(F8=0,E8,F8)

Rumus diatas untuk mengecek apakah kolom F8 sama dengan nol jika ya maka kolom saldo nilainya sama dengan E8 dan jika tidak sama dengan nol kolom saldo nilainya sama dengan kolom F8 Pada kolom saldo baris berikutnya masukan rumus berikut :

=IF(AND(E9=0,F9=0),0,IF(E9=0,G8-F9,G8+E9))

Pada rumus diatas untuk mengecek apakah kolom debet dankredit sama dengan nol, jika ya maka kolom saldo isi dengan nol, namun jika kolom Debet bernilai nol , maka kolom saldo merupakan pengurangan dari saldo baris sebelumnya dikurangi kolom kredit, jika tidak maka kolom saldo baris sebelumnya ditambah kolom debet. Buat baris seperlunya dan copy berdsarkan jumlah transkasi yyang terjadi, untuk memformat angka gunakan format currency Untuk mengisi kolom saldo baris berikutnya tinggal di copy paste saja.

Totalkan Debet dan kolom kredit, sedangkan kolom saldo merupakan selish dari total debet dengan total kredit. Untuk lengkapntya silahkan download filenya.

Kirim Komentar

Nama
Email
Website
Komentar
Validasi
Ketik ulang Kode berikut pada kotak diatas
Terdapat 0 komentar untuk artikel ini !