Pengantar PL / Transact SQL MIcrosoft SQL Server 2000


Apakah PL / SQL?

Programing Language / Structured Query Language atau lebih dikenal PL / SQL merupakan Bahasa Prosedural dari SQL untuk menjalankan syntax-syntax SQL yang cukup kompleks.

PL / SQL merupakan kombinasi dari SQL bersama dengan fitur bahasa pemrograman prosedural. PL/SQL dikembangkan oleh Oracle Corporation di awal 90-an untuk meningkatkan kemampuan dari SQL dan diterapkan sejak oracle versi 7. selanjutnya perusahaan RDBMS yang lain pun mengikuti jejak Oracle mengembangkan PL/ SQL misal IBM DB2 menerapkan PL SQL pada produknya sejak versi 9.7 dan Microsoft dengan PRoduknya MS SQL Server pada MSSQL server 2000, dan SYbase,dan lain-lain. Untuk selanjutnya dalam keluarga Microsoft PL SQL lebih dikenal dengan Transact SQL (T-SQL)

Mesin PL / SQL

Selain Oracle yang menggunakan mesin PL / SQL untuk proses PL / SQL, juga Micorosoft pada MS SQL nya dan IBM pada IBM DB2 serta SYbase. Sebuah kode PL / SQL dapat disimpan dalam sistem klien (client-side) atau dalam database (server-side).

Sejarah SQL Server

Pada tahun 1988, Microsoft mengeluarkan versi pertama dari SQL Server. Pada saat itu masih didesain untuk platform OS/2 dan didevelop bersama antara Microsoft dengan Sybase. Selama awal tahun 1990an, Microsoft mulai untuk membuat versi baru dari SQL Server untuk platform NT-nya. Selama proses development tersebut Microsoft memutuskan bahwa Microsoft SQL Server ini harus bisa terintegrasi dengan kuat dengan sistem operasi NT-nya.

Pada tahun 1993, Windows NT 3.1 dan SQL Server 4.2 untuk NT dirilis oleh Microsoft. Target Microsoft untuk mengkombinasikan antara performa database server yang tinggi serta kemudahan cara penggunaan dan administrasinya rupanya tercapai melalui SQL Server ini. Microsoft terus berhasil memasarkan SQL Server dan menjadi database server yang terkenal. Pada tahun 1994, Microsoft dan Sybase secara resmi mengakhiri kerjasamanya.

Di tahun 1995 Microsoft merilis versi 6.0 dari SQL Server. Versi ini merupakan versi yang penting karena sebagian besar merupakan hasil tulis ulang dan juga redesain dari core technology sebelumnya. Versi 6.0 ini menawarkan peningkatan pada performa, built-in replication dan juga administrasi yang tersentralisasi. Pada tahun 1996, Microsoft merilis SQL Server versi 6.5 yang berisi berbagai macam kemampuan tambahan dan juga fitur-fitur baru.

Pada tahun 1997, Microsoft merilis SQL Server 6.5 Enterprise Edition. SQL Server 7.0 dirilis Microsoft pada tahun 1998 dan database engine-nya ditulis ulang agar lebih optimal. Akhirnya tahun 2000 Microsoft mengeluarkan SQL. Versi SQL Server 2000 ini berbasis pada framework yang ada pada versi 7.0 sebelumnya.

Tentang Tutorial Pemrograman Transact SQL  

Materi PL / T-SQL mengajarkan anda dasar-dasar pemrograman dalam PL /T-SQL dengan contoh yang tepat. Anda dapat menggunakan tutorial ini sebagai panduan atau acuan sementara pemrograman dengan PL SQL. Tutorial ini disusun menggunakan MS SQL Server 2000 sebagai bahan praktek, anda bisa menggunakan versi diatas nya seperti versi 2005 atau versi 2008 dan selanjutnya. 

Meskipun konsep-konsep pemrograman yang dibahas dalam tutorial ini adalah khusus untuk Microsoft PL SQL. Konsep seperti kursor, fungsi dan prosedur yang tersimpan dapat digunakan dalam sistem database lain seperti Sybase, Microsoft SQL Server dll, dengan beberapa perubahan dalam sintaks. materi ini merupakan materi pelajaran kelas XII RPL SMK N 2 Kuningan.

Blok Sederhana PL / T- SQL 

Setiap program PL / T-SQL terdiri dari pernyataan SQL dan PL / T-SQL yang dari blok PL / T-SQL. Sebuah Blok PL / T-SQL terdiri dari tiga bagian : 

  • Bagian Deklarasi (opsional).

    Bagian Deklarasi Blok PL / T-SQL dimulai dengan kata kunci Declare. Bagian ini adalah bersifat dan digunakan untuk mendeklatasikan seperti variabel, konstanta, catata pilihan dan kursor, yang digunakan untuk memanipulasi data dalam bagian eksekusi. 

  • Bagian Eksekusi (wajib).

    Bagian Pelaksanaan Blok PL / T-SQL dimulai dengan kata kunci BEGIN dan diakhiri dengan END. Ini adalah bagian wajib dan bagian di mana logika program ditulis untuk melakukan tugas apapun. Konstruksi program seperti loop, pernyataan kondisional dan pernyataan SQL membentuk bagian bagian eksekusi.

  • Eksepsi (atau Error) Penanganan ayat (opsional)

    Bagian Pengecualian dari Blok PL / T-SQL dimulai dengan EXCEPTION. Bagian ini adalah opsional, setiap kesalahan dalam program ini dapat ditangani dalam bagian ini, sehingga PL / SQL Blok berakhir secara sempurna. Jika Blok PL / T-SQL berisi pengecualian yang tidak dapat ditangani, Blok diakhiri secara tiba-tiba dengan pesan kesalahan. 

Berikut Ini adalah contoh sederhana BLok PL / T-SQL  

 

DECLARE


Variabel yang dideklarasikan

BEGIN


Program yang dieksekusi

EXCEPTION


Penanganan Kesalahan

END


 

Kirim Komentar

Nama
Email
Website
Komentar
Validasi
Ketik ulang Kode berikut pada kotak diatas
Terdapat 0 komentar untuk artikel ini !