Sertifikasi Guru (Guru yang banyak sertifikatnya..)


Tujuan idealisme program pemerintah dalam bidang pendidikan adalah sertifikasi guru, artinya seluruh guru akan diuji kemampuannya berdasarkan bidang ilmu masing-masing. Penilaian dilakukan dari berbagai faktor, diantaranya dari faktor administrasi, dari mulai membuat portofolio, RPP, Silabus, SAP dan sebagainya termasuk sertifikat seminar-seminar yang telah diikuti (sertifikati ini ternyata memiliki bobot lumayan tinggi, apalagi berperan sebagai pembicara).

Ilustrasi

Gb. Ilustrasi 

Namun dari tujuan yang sangat ideal tersebut sangat disayangkan, pada pelaksanaanya banyak guru-guru yang mengikuti sertifikasi dengan cara mengada-ada dalam perlengkapan persyaratan, terutama masalah sertifikat yang dimiliki, sehingga timbul pemeo Sertifikasi Guru adalah guru yang banyak sertifikatnya … hal ini dialami oleh rekan penulis yang bekerja di salah satu universitas di kota pe nulis, dimana setiap perguruan tinggi tersebut  mengadakan kegiatan seminar, selalu ada saja sms yang masuk ke HP rekan penulis untuk diminta dibuatkan sertifikat, baik hanya meminta atau bersedia mengganti ongkos cetak tanpa pernah mengikuti seminar yang dilaksanakan.

Kalau dilihat dari motif yang mendasari seorang guru mengikuti sertifikasi, pada dasarnya adalah motif ekonomi, artinya sampai saat ini kesejahteraan guru dianggap belumterpenuhi, sehingga mereka menghalalkan segala cara.

Pada saat seorang guru lulus sertifikasi, implikasi yang harus terjadi adalah dia harus lebih baik, lebih profesioanl lagi dalam mengajar. Sekarang bagaimana yang terjadi di lapangan ? Sejauh penulis ketahui, belum melihat efek positif darisertifikasi, misal prestasi belajar siswa untuk sekolah yang bersangkutan mengalami peningkatan, timbulnya metode belajar yang lebih baik sebagai sebuah penemuan metode belajar baru, dan lain sebagainya…

Semoga kedepan motivasi untuk mengikuti sertifikasi adalah profesionalisme bukan motif ekonomi atau motif lainnya…

Kirim Komentar

Nama
Email
Website
Komentar
Validasi
Ketik ulang Kode berikut pada kotak diatas
Terdapat 0 komentar untuk artikel ini !