SMK Negeri 2 Kuningan Menuju SBI


Standarisasi sekolah nampaknya kini merupakan targetan setiap sekolah. Menurut informasi yang diterima, di Kabupaten Kuningan hingga saat ini baru SMKN 3 Kuningan dan SMPN 1 Kuningan yang sudah berstandar internasional.

 

Keberhasilan SMKN 3 meraih predikat sekolah berstandar internasional (SBI) tak lepas dari peran Drs. H. Hendi C. Sukarsa, M.Pd saat memimpin sekolah tersebut. Keberhasilan itupun, akan ditularkan di SMKN 2 Kuningan yang kini dinakhodainya.

Untuk mencapai SMK dengan standar ISO 9100, kita harus mampu menyetandarkan sistem manajemen sekolah,� terang Kepala SMKN 2 Kuningan ini, saat ditemui IB, Selasa (17/2).

Menurut Hendi, ada perbedaan metoda pendekatan dalam memimpin sekolah. Bila dulu siswa SMKN 3, hampir semua siswanya laki-laki, maka sekarang di SMKN 2 justru sebaliknya.

Sebagai modal awal, sekolah yang dihuni 1.110 siswa ini, telah memiliki lima jurusan yakni Akuntansi, Sekretaris, Penjualan, Usaha Jasa Pariwisata (UJP) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Komputer. Dari lima jurusan, jurusan yang paling diminati adalah Akuntansi dan Sekretaris, maklum sudah lama. Sedangkan jurusan UJP dan RPL karena baru dibuka, sehingga jumlah muridnya cuma dua kelas. “Ke depannya sambil melengkapi fasilitas, akan dilakukan penataan sistem manajemen agar sekolah berstandar internasional secara bertahap dapat tercapai,� terang Hendi.

Fasilitas yang telah dimiliki diantaranya internet (hotspot area), Lab. komputer, Lab. Bahasa Inggris, Lab. Mengetik, mushola, aula, lapangan basket, area parkir, wartel. Untuk fasilitas ruang belajar hingga kini telah dimiliki 30 rombongan belajar. Sekolah inipun merupakan perintis kantin kejujuran yang kini digandrungi di setiap sekolah di Kab. Kuningan.

Kirim Komentar

Nama
Email
Website
Komentar
Validasi
Ketik ulang Kode berikut pada kotak diatas
Terdapat 0 komentar untuk artikel ini !