Tipe-tipe Data di MySQL


Pemilihan tipe data dalam membuat tabel di dalam perancangan database tidak sembarangan memilih data namun ada aturan dan pertimbangannya serta tujuan yang akan dicapai oleh pemilihan data.

Adapun tujuan pemilihan data yang tepat adalah untuk :
1. Meningkatkan akses performance database / Kecepatan
2. MEnghemat ruang kapasitas Hardisk
3. Menghasilkan informasi yang benar

Pada dasarnya tipe data yang didukung oleh MySQL dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

1. Integer
Tipe data ini menampung angka yang bisa digunakan untuk keperluan kalkulasi matematis, jadi jika akan membuat sebuah field yang akan dilakukan operasi matematis seperti ditambah, dikurangi dan dan sebagainya maka gunakan tipe data integer

2. Text
Tipe data text digunaan untuk menyimpan data berupa text, misal nama, nomor telepon, alamat , judul buku, dan lain-lain. Tipe data text tidak bisa dilakukan operasi matematis seperti pada tipe data integer.

3. Date/Time
Tipe data yang digunakan untuk menyimpan tanggal (date) dan Waktu (time). Tipe ini digunakan untuk menyimpan misal tanggal lahir, jam absen, tahun pendaftaran dan lain-lain, dimana tipe ini memiliki karakteristik seperti tipe data integer yaitu bisa dilakukan operasi matematika, misal tanggal 17-08-2011 ditambah 45 hari maka akan ditemukan tanggal 45 hari kemudian setelah tanggal 17-08-2011


Memilih tipe data sangat penting mingkatkan kecepatan akses data dan menghemat ruang hardisk, mengefektifkan penyimpanan dan pengambilan data. Oleh karena itu pemilihan tipe data yang tepat sangat diperlukan agar tidak terjadi pemilihan data dan kesalahan dalam perancanngan database.


A. TIPE DATA INTEGER
Tipe data memiliki sub tipe, dimana masing masing sub tipe tersebut memilikk jangkauan nilai yang berbeda dan ukuran yang berbeda pula. Selain integer juga memiliki tipe data floating point dan double precision numbers. MAsing-masing integer bisa memiliki tanda (SIGNED) yaitu positif atau negatif serta tidak memiliki tanda (UNSIGNED) dan bisa me nggunakan atribut AUTO_INCREMENT untuk menaikan nilai data secara otomatis ketika terjadi penambahan record.

a. TINYINT
Ukuran tipe data yang sangat kecil; cocok untuk menyimpan data usia, jumlah anak, nilai. Sebenarnya, kita harus menggunakan tipe data ini untuk usia karyawan dan jumlah anak. jangkauan angka yangdapat diterima adalah antara 0 sampai 255 jika menggunakan klausa unsigned (tak bertanda), atau lain kisaran antara -128 sampai 127 jika menggunakan klausa signed
(bertanda)

SMALLINT
cocok untuk data dengan angka antara 0 to 65535 (UNSIGNED) atau antara -32768 dampai 32767 (SIGNED)

MEDIUMINT
Cocok untuk menampung data angkat antara 0 to 16.777.215 dengan klausa UNSIGNED atau antara -8.388.608 sampai 8.388.607 dengan klausa SIGNED

INT
Cocok untuk menampung data antara 0 sampai 4.294.967.295 dengan atribut UNSIGNED atau antara -2147683648 sampai dengan 2147683647 dengan atribut SIGNED.

BIGINT
Huge numbers. (-9223372036854775808 to 9223372036854775807)

FLOAT
nilai desimal dengan tingkat akurasi 1 digit dibelakang koma

DOUBLE
nilai desimal dengan tingkat akurasi 2 digit dibelakang koma

DECIMAL
nilai desimal dengan beberapa digit dibelakang koma sessuai dengan apa yang telah ditetapkan.

Tipe Data Text
Panjang text dapat tetap atau bervariasi juga bisa bersifat case sensitif atau tidak tergantung yang anda tentukan. tipe-tipe data text terdiri dari :

CHAR(x)
dimana x bernilai antara 1 sampai 244 tetapi panjang data tetap

VARCHAR(x)
dimana x bernilai antara 1 sampai 244 tetapi panjang data bersifat variabel

TINYTEXT
menampung data text yang sedikit, bersifat case insensitive

TEXT
menampung data text lebih banyak yaitu sebanyak 65535 character bersifat case insensitif

MEDIUMTEXT
medium size text, case insensitive mampu menampung sebanyak 16.777.215 karakter

LONGTEXT

really long text, case insensitive mampu menampung sebanyak 4.294.967.295 karakter

TINYBLOB
Blob kepanjangan dari Binary Large OBject. berifat case sensitif biasanya untuk menyimpan file-file digital seperti photo/video dalam ukuran kecil.

BLOB
Berifat case sensitif biasanya untuk menyimpan file-file digital seperti photo/video dalam ukuran besat

MEDIUMBLOB
Berifat case sensitif biasanya untuk menyimpan file-file digital seperti photo/video dalam ukuran sedang

LONGBLOB
Berifat case sensitif biasanya untuk menyimpan file-file digital seperti photo/video dalam ukuran sangat besat

ENUM
Enum merupakan kependekan dari enumerasi merupakan tipe data yang telah ditentukan isinya dan bersifat pilihan misal untuk field jenis kelamin isinya ditentukan L atau P sehingga apabila user mengisi selain L atau P maka tidak akan disimpan kedalam tabel


Tipe data Date / Time
Tipe Data dan atau Time memiliki beberapa sub tipe yaitu :

DATE
Untuk menampung data tanggal misal tanggal lahir, tanggal daftar, dll dengan format standar yaitu YYYY-MM-DD (4 digit tahun 2 digit bulan dan 2 digit tanggal) batas jangkauannya anatara tangal 1000-01-01 sampai tanggal 9999-12-31.

TIME
Untuk menyimpan data waktu / jam dengan format hh:mm:ss (Jam:Menit:detik), misal menyimpan jam masuk kerja, jam istirahat atau jam pulang atau juga jam terjadinya kegiatan transaksi.

DATETIME
Date time merupakan tipe data gabungan antara tanggal dan jam dengan format YYYY-MM-DD hh:mm:ss (Tanggak dan waktu dipisahkan oleh spasi)

TIMESTAMP
Tipe data time stamp hamir sama dengan date time namun tidak memilki tanda pemisah sama sekali diantaranya dengan format : YYYYMMDDhhmmss jangkauan data timestamp yaitu dari 1970-01-01 00:00:00 sampi 2037-12-31 23:59:59

YEAR
Tipe data ini untuk menyimpan data tahun dengan format YYYY (4 digit tahun) jangakaun data antara tahun 1970 sampai tahun 2069, cocok untuk menyimpan tahun masuk sekolah, tahun lahir dan lain-lain.

Demikian tipe-tipe data yang didukung oleh MySQL, dengan memahami tipe data maka akan membantu dalam efisiensi dan efektifitas pembuatan tabel


Kirim Komentar

Nama
Email
Website
Komentar
Validasi
Ketik ulang Kode berikut pada kotak diatas
Terdapat 1 komentar untuk artikel ini !