Tips Melamar Kerja Untuk Yang Baru Lulus Sekolah


Sebelum melamar pekerjaan kita terlebih dahulu harus tahu, apa yang diinginkan oleh perusahaan. Perusahaan menginginkan calon karyawan yang bisa berkontribusi langsung untuk perusahan. Bila kita perhatikan lowongan pekerjaan, hampir sebagian besar mencantumkan perlunya pengalaman kerja. Bagi mereka yang fresh graduate, tidak perlu menyebabkan minder ataupun putus asa.

Coba kita pahami apa yang mereka inginkan bila untuk posisi yang sebenarnya bisa dikerjakan oleh mereka yang fresh garaduate masih ditekankan perlunya pengalaman kerja.

Perhatikan perusahaan kosmetik yang memilih modelnya untuk menduduki posisi Public Relation Manager walaupun ia belum berpengalaman. Apa yang dapat kita pelajari di sini, perusahaan menginginkan mereka yang dapat berkontribusi langsung. Apa yang dapat diberikan oleh si model kepada perusahaan kosmetik padahal ia belum berpengalaman kerja. Dengan belum berbuat apa-apa sebagai public figure, ia sudah bisa memberikan keuntungan bagi permusahan dengan memberikan image tertentu.

Oleh karena itu dalam melamar: Perhatikan kualifikasi apa yang mereka tekankan, akan lebih baik bila anda memilih perusahaan yang memiliki bidang usaha yang sejalan dengan latar belakang pendidikan, ketrampilan yang anda kuasai ataupun kegiatan (aktivitas) yang sudah pernah anda lakukan (misal mengikuti kegiatan pameran sebagai event organizer) .

Bisa juga menjadi pertimbangan bila anda memiliki hobby yang bisa ditonjolkan apalagi bila sudah dibuktikan dengan prestasi (juara lomba musik misalnya akan menjadi nilai tambah bila anda melamar keperusahaan yang memproduksi ataupun menjual alat musik, lomba gambar dan kreasi iklan untuk posisi Artis dibidang periklanan).

Perusahaan mengharapkan anda dapat cepat belajar agar bisa dikembangkan untuk kemudian bisa berkontribusi secara maximal. Ada beberapa perusahaan yang justru mencari mereka yang masih fresh graduate agar bisa dididik sesuai dengan keinginan mereka. Disini dapat kita lihat siapa yang mereka pilih. Mereka yang bisa memperlihatkan prestasi, aktivitas dan kreativitas diatas rata-rata yang umumnya dapat terpilih.

Mengapa demikian? Karena perusahaan memprediksi mereka yang aktif dan kreatif serta sudah bisa menunjukkan prestasi umumnya memiliki potensi dan motivasi yang besar untuk bisa dikembangkan karena mereka dapat dengan cepat belajar/memahami apa yang akan diberikan sehingga dan sudah pasti akan dapat berkontribusi secara maximal.

Oleh karena itu, jangan berdiam diri dengan hanya menunggu datangnya kesempatan bekerja. Teruskan kejar prestasi dalam bidang apa saja. Aktiflah dalam mencari nilai tambah, cari pengalaman yang dapat dicapai. Selagi masih kuliah ada baiknya mengikuti kegiatan ekstra kurikuler (tentunya harus pandai mengatur waktu agar tetap dapat berprestasi baik dibidang akademik ataupun non akacemik), ataupun mengikuti organisasi atau kegiatan di luar sekolah.

Aktivitas dan kreativitas anda akan menjadi nilai tambah dan pasti akan diperhitungkan oleh calon user anda nantinya.

Sumber :http://bursa-lowongan-kerja.awardspace.com/tips-kerja-fresh-graduate.php

Kirim Komentar

Nama
Email
Website
Komentar
Validasi
Ketik ulang Kode berikut pada kotak diatas
Terdapat 0 komentar untuk artikel ini !