VisiCalc :: Mbah-nya Aplikasi SpreadSheet


Kalo kita sedikit mau menyelidiki, sebenarnya aplikasi apa sih yang memplopori aplikasi spreadsheet untuk Personal Computer macam excel seperti yang sekarang ini ? dari hasil penelusuran akhirnya ketemu juga ternyata nenek moyang semua aplikasi spreadsheet adalag VisiCalc, semuanya berbasis text operasional tanpa mouse bahkan untuk menampilkan menu pun anda hanya menekan tombol “/” di keyboard anda.

Bagi anda yang lahir di jaman heubeul mungkin akan sedikit bernostalgia, karena VisiCalc sepintas mirip dengan Lotus 1-2-3, mungkin sebagai obat penasaran para pembaca ini lah tampilan VisiCalc si Mbahnya Spreadsheet Modern :

VisiCalc dianggap sebagai aplikasi yang mengubah anggapan bahwa komputer mikro hanyalah hobi bagi penggemar fanatik komputer menjadi tool bisnis. Menurut beberapa sumber, dalam jangka waktu enam tahun, VisiCalc telah terjual sebanyak lebih dari 700,000 salinan.

Dibuat oleh Dan Bricklin, dengan arahan Bob Frankston, dihasilkan oleh perusahaan yang mereka bentuk, dengan nama Software Arts, dan didistribusikan oleh Personal Software pada tahun 1979  (belakangan diberi nama VisiCorp) untuk komputer jenis Apple II, mengubah komputer Apple yang dianggap mainan hobi menjadi tool pembantu perhitungan keuangan serius untuk keperluan bisnis. Kala itu kebanyakan komputer mikro tidak memiliki banyak media penyimpanan dan kemampuan display. Aplikasi lembar kerja yang tidak memerlukan kemampuan display hebat ataupun penyimpanan media, sangat cocok untuk teknologi komputer mikro saat itu. Banyak yang beranggapan hal inilah yang memotivasi IBM untuk memasuki pasar PC.  Segera setelah versi untuk Apple II dirilis, VisiCalc juga dirilis untuk jajaran Atari 8-bit, Commodore PET, TRS-80, dan IBM PC.

Menurut Bricklin, ia terinspirasi setelah menyaksikan seorang profesor di Harvard Business School membuat model finansial di papan tulis. Ketika profesor tersebut menemukan sebuah kesalahan atau ingin mengubah sebuah parameter, ia harus menghapus dan menulis ulang sejumlah rumus secara berurutan dalam sebuah tabel, membuat Bricklin berpikir bahwa ia dapat membuat ulang proses tersebut dalam sebuah komputer menggunakan sebuah “lembar kerja elektronik” untuk melihat hasil dari sejumlah rumus yang ada.

Untuk mencoba si mbah nya spreadsheet, silahkan download visicalc

Dari berbagai Sumber

Kirim Komentar

Nama
Email
Website
Komentar
Validasi
Ketik ulang Kode berikut pada kotak diatas
Terdapat 0 komentar untuk artikel ini !