SMK N 2 Kuningan Juara Ketiga Perlombaan Bola Basket 3×3 MCC Slawi 2019

Team Bola Basket SMK Negeri 2 Kuningan Jawa Baratmengikuti perlombaan  3X3 MCC basket ball, tingkat pelajar se Jateng dan Jabar, yang dilaksanakan di Kota Slawi, Kabupaten Tegal, Sabtu (31/8/2019).

Sementara itu Pertandingan 3X3 basket ball yang diikuti oleh 96 team bola basket dari Jateng dan jabar sendiri , dibuka oleh Ketua Perbasi Kabupaten Tegal Abasari, menyatakan mendukung sekali pertandingan 3X3 basket ball, yang dilaksanakan oleh Manis Cantik Creativ (MCC) kelompok anak anak muda creativ dari Kabupaten Tegal.

Pada event kali ini Tim bola basket SMK Negeri 2 Kuningan yang terdiri dari uci Restiyana (XII Rpl 3), Nita Rahmawati (XII Rpl 3), Elisa Sri Rohmatunnisa (XII Rpl 1), dan Amanda Humul Fadillah (XI AP 3) dibawah bimbingan Bapak Uban Subandi, Drs. dan dengan pelatih Deni Imanudin berhasil meraih juara ketiga.

Berikut adalah dokumentasi event perlombaan bola basket 3×3 MCC

SMK N 2 Kuningan Juara 3 Band FIKSI 2019

Kabupaten Kuningan mendapat kepercayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk melaksanakan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Pendidikan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2019 berlangsung di Lapangan Pandapa Paramarta Kabupaten Kuningan, Sabtu (31/08/2019).

Pada event kali ini SMK Negeri 2 Kuningan mengirimkan group band dengan personil Albi Rahman (Guitaris), Rakha (Basis), Bunga Sinta (Keyboardist), Iin Winabela (Vokalis), Asep (Drummer), Yosa Purnama (Trompet) dengan mengusung nama group Sakascadana Band yang dibina langsung  oleh Bapak Tino Tryana.

SMK N 2 Kuningan Juara Kuis KIHAJAR 2019 Tingkat Wilayah X DISKDIK JABAR

Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) merupakan ajang kompetisi untuk peserta didik SD/SMP/SMA/SMK (Sederajat) di seluruh tanah air dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Kuis Kihajar merupakan salah satu wahana untuk menyosialisasikan pemanfaatan siaran TV Edukasi, Suara Edukasi, Streaming dan Video on Demand.

Kuis Kihajar 2019 dilaksanakan melalui 4 (emepat) jalur, yaitu:

  1. Kuis Kihajar melalui SMS.
  2. Kuis Harian melalui website.
  3. Kuis Harian melalui website untuk Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).
  4. Kuis Tingkat Provinsi.

Sasaran kuis tersebut adalah pelajar SD, SMK, SMA/SMK Sederajat dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan budaya belajar siswa Indonesia dengan memanfaatkan TIK.

Pada tahun 2019 ini untuk tingkat kabupaten SMK Negeri 2 Kuningan mengirimkan perwakilannya mengikuti Kuis Kihajar Disdik Jabar tingkat SMK Wil X tahun 2019 yang diselenggarakan di SMA Negeri 2 Kuningan dengan mengirimkan peserta antara lain :

  1. Ananda Hana Dewi Riana Putri Kelas XI AKL4
  2. Ananda DI Ani Nurbaity Kelas XI AKL4
  3. Ananda Dadan Abdullah Kelas XI RPL 2

Didamping oleh wakil kepala sekolah SMK Negeri 2 Kuningan Bpk. Anang Sutisna, M.Pd. dan Ibu Teti Liningsih, S.Pd. Kontingen SMK Negeri 2 Kuningan merebut seluruh peringat juara 1, 2 dan 3 se wilayah SDISDIK JABAR antara lain :

  1. Juara 1 : Hana Dewi Riana Putri XI AKL4
  2. Juara 2: DI ani Nurbaity XI AKL4
  3. Juara 3: Dadan Abdullah XI RPL 2

Sesuai ketentuan kompetisi, maka SMK Negeri 2 Kuningan dinyatakan mewakili kompetisi tingkat provinsi Jawa Barat, semoga mendapat peringkat pertama di kompetisi level berikutnya.

Berikut adalah dokumentasi kegiatan kuis Kihajar 2019 Disdik Jabar tingkat SMK Wil X tahun 2019.

Alumni SMK N 2 Kuningan Lolos Seleksi Vocational School Graduate Academy 2019

Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan program pelatihan bidang TIK yang berfokus dalam peningkatan kompetensi bagi 5.225 orang lulusan SMK yang belum bekerja. Program VSGA bertujuan untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam bidang Junior Network AdministratorJunior Graphic Designer, Junior Web DeveloperJunior Mobile Programmer, dan Intermediate Animator.

Penyelenggaraan program VSGA berlangsung selama 72 jam pelajaran yang meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping atau add on, uji kompetensi dan sertifikasi. Dalam penyelenggaraan program VSGA, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan 23 politeknik negeri yang tersebar di seluruh Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP). Politeknik dalam program ini berperan menjadi penyedia sarana dan prasarana serta instruktur pelatihan sesuai skema pelatihan. Pada akhir pelatihan, peserta pelatihan akan disertifikasi kompetensi berbasis SKKNI oleh LSP.

Pada tahun 2019 Salah satu alumni SMK Negeri 2 Kuningan yaitu ananda Rio Prasetyo Alumni SMK Negeri 2 Kuningan Angkatan Tahun 2019 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak  dinyatakan lolos dalam seleksi Vocational School Graduate Academy 2019 yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan TIK (BPPTIK) Departemen Komunikasi dan Informasi Bekasi – Cikarang yang diselenggarakan pada tanggal 01 Jul 19 – 31 Jul 2019.

Pada kesempatan kali ini ananda Rio Prasetyo mengambil tema pelatihan dan sertifikasi Junior Web Programming, pelatihan berlangsung selama 3 (tiga) hari, pada hari ke-4 dan ke-5 dilaksanakan proses assesment teori dan praktek.

Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan agenda tahunan BPPTIK Depkominfo Republik Indonesia, mudah-mudahan ditahun-tahun mendatang akan muncul Rio-Rio yang lain yang membuktikan jika siswa SMK siap bersaing secara profesional di dunia kerja bidang IT.

Berikut adalah dokumentasi kegiatan Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang dikirimkan oleh ananda Rio Prasetyo.

 

SMK N 2 Kuningan Melaksanaan Ibadah Qurban 1440 H

Perayaan hari raya Idul Adha tahun ini jatuh pada hari minggu tepatnya tanggal 11 Agustus 2019, sebagai bentuk pendidikan pelaksanaan ibadah qurban, SMK Negeri 2 Kuningan melaksanakan ibadah qurban pada tanggal 13 Agustus 2019 (12 Dzulhijah 1440 H).

Pemotongan hewan qurban pada hari Raya Idul Adha atau pada hari hari tasyrik (11, 12 dan 13 zulhijah) yang diadakan setiap tahun di sekolah merupakan sarana dan media pelaksanaan dan praktek dari mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti di sekolah. Diharapkan para siswa dapat mengambil pelajaran dari tujuan disyariatkannya pemotongan hewan qurban, yakni ujian bukti keimanan dan pengorbanan keluarga Nabi Ibrahim, beserta anak dan istrinya (Nabi Ismail dan Siti Hajar) dalam rangka meraih rido Allah SWT

Pada pelaksanaan ibadah qurban tahun ini SMK Negeri 2 Kuningan meng-qurbankan 5 (lima) ekor kambing dan 1 (satu) ekor sapi, dimana 1(satu) ekor kambing diantaranya diserahkan kepada pihak Kelurahan Sukamulya sebagai bentuk corporate social responsibility.

Pelaksanaan ibadah qurban ini sebagai bentuk pendidikan dipimpin oleh Guru Mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti serta di dibantu DKM Masjid Ar-Rahman SMK N 2 Kuningan dan Pengurus OSIS SMK N 2 Kuningan

Berikut dokumentasi pelaksanaan ibadah qurban 12 Dzulhijah 1440 H :

Dokumentasi selengkapnya klik disini

SMK Negeri 2 Kuningan Juara 1 Cerdas Cermat Koperasi 2019 Tingkat Kabupaten

Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-73, Dinas Koperasi dan UKM menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Tingka SLTA se-Kabupaten Kuningan pada tanggal 25 Juli 2019. Pada perlombaan kali ini SMK Negeri 2 Kuningan mengirimkan perwakilannya dari siswa tingkat XII yang terdiri dari ananda Tia Octaviany kelas 12 AK 1, ananda Andri Ahyanto kelas 12 AK 2, dan ananda Ima Siti Nurfatimah kelas 12 AK 3, dibawah bimbingan Ibu Dra. Isah Aisah.

Berdasarkan hasil akhir perlombaan pada Lomba Cerdas Cermat Koperasi Tingkat   SLTA ini, SMK Negeri 2 Kuningan memperoleh peringkat Juara ke-1. Proses penyerahan Tropy dan penghargaan dilangsungkan di gedung Mayang Kuningan. Berikut dokumentasi penyerahan piala penghargaan Lomba Cerdas Cermat Tingkat SLTA Ke-73 tahun 2019.

SMK N 2 Kuningan Lolos Ke Tingkat Propinsi Parade Lomba Cinta Tanah Air

Menindaklanjuti Surat Kementrian Hukum dan HAM nomor  B-031/KANWIL KEMHAN/IV/2019 tentang  Permohonan Keterlibatan Mahasiswa, Siswa/i SMA dan SMK Sederajat sebagai Peserta Lomba Parade Cinta Tanah Air di Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 melalui Kantor Cabang Dinas, SMK Negeri 2 Kuningan mengirimkan perwakilan peserta yang diwakili oleh ananda Yosa Purnama dan Ratna Anjani untuk mewakili SMK Negeri 2 Kuningan di Propinsi Jawa Barat.

Adapun mekanisme pelaksanaan lomba yaitu peserta  wajib mengirimkan tulisan hasil Inovasi/Kreatifitas dalam
bentuk tulisan dengan format bebas yang  dikirim melaui email paling lambat pada Hari Senin, 8 Juli 2019. Bagi
peserta yang terpilih akan diadakan pemanggilan untuk kegiatan Presentasi /Paparan yang akan dilaksanakan pada  tanggal 25 Juli 2019 di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Jl. Dr. Rajiman No.6, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan hasil seleksi panitia pada tanggal 29 Juli 2019 dari 90 peserta 25 diantaranya lolos seleksi, dan SMK Negeri 2 Kuningan yang dalam hal ini diwakili oleh ananda Yosa Purnama dan ananda Ratna Anjani dinyatakan lolos seleksi berdasarkan surat pemanggilan nomor B-052/KANWIL KEMHAN/VII/2019. Berdasarkan surat pemanggilan tersebut ananda Yosa Purnama dan ananda Ratna Anjani yang didampingi oleh guru pembimbing Bapak Anang Sutisna, M.Pd., Ibu Oyoh Rokayah, S.Pd.  dan Ibu Teti Liningsih, S.Pd. diharuskan melakukan pemaparan atas karya tulisnya pada tanggal 31 Juli 2019 bertempat di Aula Dewi Sartika Gd. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Jl. Dr. Radjiman No. 6 Kota Bandung.

Dari hasil seleksi di tingkat propinsi nantinya akan dipilih untuk mewakili propinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan di Bali pada bulan September mendatang, semoga ananda YosaPurnama dan  ananda Ratna Anjani bisa lolos seleksi dan mewakliki Jawa Barat di nasional.

Berikut adalah dokumentasi kegiatan Lomba Parade Cinta Tanah Air di Provinsi Jawa Barat Tahun 2019.

 

 

SMK Negeri 2 Kuningan Menyelenggarakan Workshop E-raport

Dalam upaya peningkatan efisiensi dan efektifitas proses perencanaan dan penilaian di SMK Negeri 2 Kuningan, maka pada hari Senin dan Selasa tanggal 5 – 7 Agustus 2019 SMK Negeri 2 Kuningan mengadakan workshop penggunaan e-raport dengan tema “Peningkatan Kemampuan Tenaga Pendidik dan  Kependidikan dalam Mengembangkan Perencanaan dan Penilaian E-raport dan Penerapan Aplikasi Android di Kurikulum TIK”.

Dalam workshop ini SMK Negeri 2 Kuningan bekerjasama dengan Helpdesk E-raport dari SMK Negeri 2 Sukabumi yang diwakili oleh Ibu Santi Supardi, M.Kom., Bpk. Yayan Mulyana S.Kom, dan Bpk. Dede Maulana, S.Pd.

Acara hari pertama dimulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 15.30 yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kuningan yaitu Bpk. Lili Ramli, M.Kom seta Ibu Hj. Eros Rosmidara selaku ketua panitia. Acara dibuka oleh Pengawas SMK Bpk. Hikmat, M.Si, dilanjutkan oleh narasumber tentang Kebijakan e-raport di tingkat SMK, Alur Kerja Admin E-raport dan acara di tutup di sesi terakhir pada hari pertama dengan sesi penjelasan tentang perencanaan guru dalam e-raport.

Sedangkan pada hari kedua acara dimulai dengan sesi praktek penilaian oleh guru mapel serta, dan sebelum sesi  terakhir dimulai, pada sesi kedua acara diisi oleh Bpk. Oky Putranto, S.STP. Hari kedua ditutup dengan sesi monitring dan evaluasi  oleh Guru Wali Kelas.

Diharapkan dengan dijalankannya e-raport bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pengumpulan nilai dari guru-guru mata pelajaran dan memudahkan dalam hal perencanaan dan pengendalian kegiatan proses KBM setiap tahun ajarannya.

Berikut adalah dokumentasi kegiatan workshop selama dua hari :

Full Assessment LSP P1 SMK N 2 Kuningan

Berdasarkan surat Kemdikbud, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 11688/D5.6/TU/2018 tentang permohonan Assesmen penuh terhadap LSP P1 SMK Negeri 2 Kuningan, maka pada hari Sabtu tanggal 3 Agustus 2019 kemarin proses Full Assessment baru bisa terlaksana dengan ditugaskannya tim assesment yang ketuai oleh Bpk. Beny Hardiansyah dengan anggota Eddy Siswanto.

Setelah melakukan verifikasi dokumen dan pemeriksaan yang cukup teliti akhirnya ditemukan beberapa point yang harus direvisi sebelum dilakukannya Real Assessment. Proses Full Assessment berlangsung dari pukul 13.00 wib  sampai dengan pukul 20.00 wib.

Berikut adalah beberapa dokumentasi kegiatan Full Assessment yang berhasil didokumentasikan :

SMK Negeri 2 Kuningan Juara III Olimpiade Pajak

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon bekerjasama dengan Tax Center Fakultas Ekonomi Unswagati menggelar lomba Olimpiade Pajak Tingkat SMA dan SMK sederajat serta Perguruan Tinggi Sewilayah III Cirebon. Acara berlangsung dilaksanakan hari Kamis tanggal 1 Agustus 2019, kegiatan ini memperebutkan Trophy dan uang pembinaan, Juara 1 Rp 2.000.000,00. Juara 2 Rp 1.500.000,00 dan Rp 750.000,00 dan diikuti oleh 30 team peserta.

Pada event perlombaan kali ini SMK Negeri 2 Kuningan mengirimkan siswa akuntansi yaitu

  1. Tia Octaviany,
  2. Elda,
  3. Dindin,
  4. Andri,
  5. Anggi dan
  6. Lusiana

Dengan didampingi oleh guru pembimbing dari program keahlian akuntansi yaitu

  1. Drs. H. Rosidin, dan
  2. Dra. Yusniati.

Hasil dari Olimpiade Pajak Tingkat SMA dan SMK tersebut menempatkan SMK Negeri 2 Kuningan pada posisi juara III dengan memperoleh trophy dan uang pembinaan sebesar Rp. 750.000. Berikut dokumentasi Olimpiade Pajak Tingkat SMA dan SMK Sederajat tahun 2019 di Fakultas Ekonomi Unswagati Cirebon.