Cara Konfigurasi Remote Server

1. Remote Access

Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan. Sehingga kita dapat mengkonfigurasi suat system, dimanapun kita berada asalkan terkoneksi ke internet atau jaringan lokal tersebut.

Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis :

  1. Mode Dekstop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Dekstop, VNC, Radmin, Webmin
  2. Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial

2.  Installasi

Kita akan mencoba mengkonfigurasi mengunakan SSh (Security Shell).

debian-server:/home/pramesta# apt-get install openssh-server

Setelah aplikasi terinstall, layanan SSH Server sudah langsung bisa kita gunakan melalui port default 22.   

3. Pengujian

Untuk mengakses SSH Server melalui jaringan, dibutuhkan aplikasi tambahan yang dinamakan SSH Client. Secara default, SSH Client ini sudah terinstall otomatis pada system operasi Debian.

4. Remote Access via Localhost

debain-server:/home/pramesta# ssh pramesta@localhost

             RSA key fingerprint is 47:41:dd:8a:71:02:83:55:ff:e4:db:fa:9d:e8:05:54.

             Are yousure you want to continue connecting (yes/no)? Yes

5. Remote Access via Windows

Dalam system operasi Windows, secara default tidak ada aplikasi SSH Client yang terinstall. Yang ada hanyalah aplikasi Telnet Client, untuk itu, kita harus mendownload aplikasi SSH Client terlebih dahulu, kemudian menjalankannya pada komputer Windows seperti berikut. Aplikasi yang saya gunakan adalah PuTTY.

Capture_PuTTY

Selesai

Instalasi Paket Server di Smartphone Android

Setelah mengenal cara kerja web server dan perangkat pengembangan aplikasi berbasis web dimana salah satunya harus menginstal web server, maka pada artikel kali ini akan dibahas tentang bagaimana carannya menginstall web server di smartphone, sehingga tidak ada alasan bagi anda sebagai siswa RPL tidak memiliki laptop atau komputer untuk belajar pemrograman PHP.

Syarat utama yang harus ada untuk mengikuti langkah-langkah instalasi web server di smartphone android adalah tentu anda harus memiliki smartphone dengan paket data atau akses internet, berikut adalah langkah-langkahnya :

Jalankan google play store di smarthone anda, kemudian cari aplikasi dengan menggunakan kata kunci  web server

Kemudian dari hasil pencarian akan tampak pada urutan pertama yaitu Kick Web Server buatan develpoer YoOyo, tap / klik pada aplikasi tersebut

Pada gambar diatas lakukan instlasi dengan meng-klik / tap tombol install, setelah selesai instalasi, buka seting smartphone anda dan pilih application (lihat gambar dibawah)

Kemudian akan tampak daftar aplikasi di smartphone anda, cari KickWeb Server dan tap/klik pada aplikasi tersebut

Pada detail aplikasi Kick Web server, tap pilihan permitions dan izinkan (Allow) untuk membaca memory internal smartphone anda dengan menggeser slider ke arah kanan sehingga berwarna biru muda.

Selanjutnya close semua tampilan, kemudian jalankan kick web server,sehingga akan tampak dilayar seperti berikut

Tampak pada gambar diatas, fokuskan perhatian anda pada satu tombol dan dua icon, tombol C berfungsi untuk menjalankan web server dan MySQL Database Sever, Icon A untuk mengkses web server, dan icon B untuk mengakses mysql client tool phpmyadmin.

Anda bisa menjalankan secara manual untuk mengakses web server menggunakan browser apapun dengan mengakses url http://localhost:8080 (port 8080), berdasarkan informasi pada welcome page document root terletak di folder /mnt/sdcard/htdocs

Sedangkan untuk mengakses phpmyadmin bisa mengakses URL http://localhost:10000/ memggunakan browser apapun, pada gambar dibawah, kotak login gunakan root sebagai user dan password biarkan kosong

JIka  berhasil tampak seperti berikut phpmyadmin :

Demikian cara penggunaan smartphone untuk digunakan sebagai web server dan database server, pada artikel berikutnya akan dibahas bagaimana meng-install script editor di smarphone android

 

 

Perangkat Pengembangan Aplikasi Web Berbasis Server

Dalam pengembangan aplikasi berbasis web dibutuhkan perangkat-perangkat pendukung, berikut perangkat-perangkat pendukung dalam pengembangan aplikasi berbasis web

  1. Hardware
    Perangkat keras yang dibutuhkan yaitu :

    • PC Desktop / Laptop
      Digunakan untuk melakukan pengetikan pengkodean bahasa pemrograman
    • Printer
      Digunakan untuk melakukan simulasi pencetakan output dari aplikasi yang dibuat
    • Modem
      Digunakan untuk koneksi ke internet apabila aplikasi yang dibangun akan disimpan di server hosting
  2. Software
    Digunakan untuk membantu proses pengkodean bahasa pemrograman, berikut adalah software-software yang diperlukan :

    1. Aplikasi Web Server
      Web server digunakan untuk menjalankan script-script bahasa pemrograman, jika menggunakan bahasa PHP maka apache adalah web server nya, jika menggunakan JSP maka tomcat adalah web server nya dan jika menggunakan bahasa ASP maka Microsoft IIS adalah web servernya.

      Jenis-jenis Web Server

    2. Aplikasi Database server
      Aplikasi database digunakan untuk menyimpan data yang diinput melalui form dihalaman web browser menggunakan program yang dibuat, ada banyak aplikasi database server, diantaranya MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server, Oracle.

      Maca-macam aplikasi database

    3. Text Editor
      Digunakan untuk mengetik kode-kode bahasa pemrograman, banyak tersedia dari para pengembang software yang menyediakan text editor seperti Notepad++, Atom Editor, Sublime Text atau yang lainnya

      Macam macam text editor

    4. Image Editor
      Digunakan untuk mengelolah gambar photo, karena halaman web tidak terlepas dari pengolahan photo dan image maka aplikasi ini harus disediakan, contoh aplikasi ini adalah Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Gimp, dll.

      Gimp Image Editor

    5. Browser
      Digunakan untuk menjalankan program yang dibuat dan melihat hasilnya serta menampilkan pesan error pada saat pembuatan program, contoh browser yaitu Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera dan lain-lain.

      Jenis-jenis browser

    6. Paket Server Paket server diperlukan apabila tidak mau direpotken dengan instalasi web server dan database server secara terpisah, sehingga sekali install paket server didalamnya sudah terinstal sekaligus beberapa server, berikut adalah contoh paket server seperti XAMPP untuk Windows, LAMPP untuk Linux, MAMP untuk Apple.

      Jenis-jenis paket server

Itulah hal-hal yang harus dipersiapkan baik hardware maupun software sebagai perangkat pembuatan aplikasi berbasis server.

Cara Kerja Aplikasi Web Berbasis Server

Aplikasi berbasis web merupakan sebuah aplikasi yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman web, bahasa pemrograman web sendiri serinf disebut bahasa script, pada dasarnya jika dilihat dari sudut yang mengelolanya terdapat dua jenis bahasa script untuk pemrograman web yaitu

  1. Client Side Script, yaitu bahasa scripting  yang diproses oleh web client (browser) dalam hal ini adalah javascript
  2. Server Side Script, yaitu bahasa scripting yang diproses oleh server dan hasilnya dikirmkan ke web client (browser)

Berdasarkan jenis yang kedua yaitu server side script maka aplikasi yang dibangun dengan menggunakan bahasa server side scripting membutuhkan sebuah aplikasi server, aplikasi server yang dimaksud adalah web server. Web server sendiri terdapat banyak jenisnya, berikut adalah jenis jenis web server berdasarkan bahasa pemrogramannya

  1. Microsoft Internet Information Service (MS IIS) merupakan web server produk Microsoft yang diperuntukan untuk menjalankan aplikasi berbasis web yang dibangun dengan bahasa ASP (active server page) yang juga produk microsoft. Produk ini berbayar dan berlisensi.
  2. Apache Tomcat atau sering disebut Tomcat, adalah web server  Java Servlet Container open-source yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation, bersifat gratis untuk digunakan. Web server ini berfungsi untuk menjalankan script bahasa pemrograman yang dibuat dengan Java.
  3. Apache, merupakan web server untuk server side scripting PHP, web server ini bersifat gratis  bebas didownload dan digunakan

Terlepas dari bahasa apapun cara kerja aplikasi berbasis web adalah sama yaitu berdasarkan request dari web client (Browser) dan Respond dari Web Server, secara teknik berikut adalah gambar cara kerja web server .

Sumber : https://jogjahostingterbaik.com

Berikut penjelasan dari gambar diatas :

Browser (Mozila Firefox, Operas, IE, Safari, dll) sebagai web client meminta halaman web (File ASP, JSP, PHP) melalui jalur internet ke web server (Apache/IIS/Tomcat/dll), berdasarkan permintaan web browser (request) maka web server akan memberikan dokumen yang diminta (Respond) sehingga halaman yang diminta oleh web brower tampil di layar monitor, pada gambar diatas terdapat satu buah server yaitu DNS Server, DNS server bertugas menerjemahkan alamat URL internet  menjadi sebuah IP address karena pada dasarnya Web Server teridentifikasi menggunakan IP Address jadi pada saat anda mengetik www.smkn2-kng.sch.id maka DNS server mencari Alamat komputer yang bernama www.smkn2-kng.sch.id pada tabel DNS nya yaitu 101.50.1.2, untuk lebih jelasnya lagi silahkan tonton penjelasan video berikut tentang bagaimana web server bekerja :

Software Myob Accounting versi 18

Download software MyOB Accounting V18 pada link dibawah

DOWNLOAD

PPTA 2018-2019 Kian Santang Dewi Sartika Gudep 19071-19072

 

PPTA Kian Santang Dewi Sartika Gudep 19071-19072
Dengan kegiatan PPTA menjadikan tunas muda perekat NKRI yang Agamis, Kreatif, Inovatif serta berjiwa Patriotisme yang berdasarkan Dasa Dharma dan Trisatya Pramuka Indonesia.

kegiatan PPTA Pada tanggal
20 – 22 Sep 2018.
Setelah Pembukaan Selesai Siswa/i bergegas Mendirikan tenda Dan kemudian Lanjut ke Kegiatan selanjutnya, yang membuat Semuanya terlihat ceria.

Kemudian setelah Mendirikan tenda Peserta PPTA selanjutnya melakukan kegiatan Games, Banyak permainan yang di mainkan di PPTA ini, senyuman dan canda tawa Tercampur menjadi satu. Hal yang dinikmati di PPTA ini adalah Permainannya yang membuat Mereka Bahagia.

Di Hari kedua adalah Kegiatan yang paling Tegang namun menyenangkan.
Disini Adik Adik Diuji Tentang pemahaman mengenai Kepramukaan dalam kegiatan JJS.
Setiap POS diberika suguhan materi materi yang berbeda.

Malampun begitu Larut dan Inilah yang di tunggu.
Malam Api unggun
Api kenangan
Api semangat Juang.

Di Hari ketiga, Hari dimana Siswa/i menjadi Tunas Muda yang siap Melanjutkan apa yang seharusnya dilanjutkan.
Kegiatan hari terakhir hanya sedikit namun berkesan.
Semoga di PPTA ini banyak Pelajaran yang Siswa/i dapatkan, kemudian diamalkan.
Karena Pramuka
Adalah seseorang
Patriot yang sopan dan kesatria.

#smkn2kuningan #kisandesar7172

HUT SMK Negeri 2 Kuningan yang ke 53

Selamat Hari Jadi
SMK Negeri 2 Kuningan
Yang ke 53

Pada Hari Selasa tanggal 2 September 2018 SMK Negeri 2 Kuningan Telah merayakan hari jadinya ke 53

banyak perlombaan dan hiburan tentunya yang memeriahkan  Ulang Tahun ke 53.

Semoga SMK Negeri 2 Kuningan tambah Jaya, maju, dan Menjadikan Sekolah Yang Pertama di Kab. Kuningan.
Kami Selaku Guru, Staf Tata Usaha dan  Anak didik Siswa/i SMK Negeri 2 Kuningan hanya bisa berharap dan melakukan apa yang kami bisa, selebihnya SMK Negeri 2 Kuningan yang bisa menuntun kami Ke Gerbang kesuksesan.
SMK BISA!!!!
SCADA….
Sabisa Bisa
Kudu Bisa
Pasti Bisa!!!!
SMK Negeri 2 Kuningan
We Love you