Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mengucapkan dan mendengan kata biaya, seperti biaya hidup, biaya sekolah, dan biaya lainnya, lantas apa sebenarnya yang disebut biaya itu ?

Secara sempit (dipandang dari suduk akuntansi) biaya diartikan sebagai pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva. Jumlah yang dikorbankan tersebut secara tidak langsung disebut harga pokok dan dicatat dalam neraca sebagai aktiva. Contohnya perusahaan membeli kendaraan operasional, maka dari kasus tersebut perusahaan mengorbankan sumber ekonomi yang lain yaitu uang atau aktiva lainnya untuk memperoleh aktiva lain yaitu kendaraan.

Sedangakan secara luas (dipandang dari seluruh aspek kehidupan) diartikan sebagai pengorbanan sumber ekonomi yang dapat diukur dengan satuan uang baik yang sudah terjadi maupun belum terjadi untuk tujuan tertentu. Contoh perusahaan percetakan buku mencetak 1000 eksemplar buku dengan membeli bahan baku dan bahan penolong menghabiskan Rp 5.000.000, setiap buku yang terjual oleh guru bidang studi akan diberi komisi sebesar 5% dari harga jual. Dari kasus tersebut yang termasuk pengorbanan sumber ekonomi adalah uang, dimana uang tersebut terukur yaitu  sebesar Rp 5.000.000 untuk tujuan tertentu yaitu mencetak buku, dan yang akan terjadi adalah meberi komisi kepada guru yang berhasil menjual buku.

By Oya Suryana

I'am a ... + Writer + Blogger + Teacher + PHP Programmer Freelance Prefer in ... + PHP native + CodeIgniter Framework + Wordpress CMS + Bootstrap CSS Framework + MySQL Database + Linux Ubuntu User + Cost & Financial Accounting My Blog ... + http://ozs.web.id + http://latihanexcel.web.id My Publications ... + https://uniku.academia.edu/TeuWawuh My Books ... + Membangun Blog Wordpress + My Blog My Money

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.