Penyelesaian kasus kali ini merupakan langkah ketiga setelah tutorial sebelumnya tentang contoh kasus OZs Manufacture menyelesaikan dua tahapan sebelumnya yaitu :

Dan pada tahap ketiga di tutorial ini akan kita selesaikan proses pembuatan laporan harga pokok produksi dimana data-data diambil dari kolom harga pokok produksi pada Neraca Lajur, untuk jelasnya berkiut adalah penyelesaian harga pokok produksi :

Dari bentuk laporan diatas dapat disimpulkan untuk menghitung harga pokok produksi terdiri dari :

  • Pemakaian Bahan Baku bersih
  • Upah Langsung
  • Biaya Overhead pabrik

Ketiga komponen tersebut akan menghasilkan total biaya produksi, kemudian jika terdapat persediaan barang dalam proses awal maka nilainya ditambahkan ke total biaya produksi dan jika terdapat persediaan akhir barang dalam proses maka nilainya digunakan sebagai pengurang atas jumlah barang dalam proses.

Dari laporan diatas perhatikan nilai harga pokok produksi adalah 170.500.000, nilanya sama dengan selisih antara Debet dan Kredit di Kolom Harga pokok produksi pada neraca lajur !

 

By Oya Suryana

I'am a ... + Writer + Blogger + Teacher + PHP Programmer Freelance Prefer in ... + PHP native + CodeIgniter Framework + Wordpress CMS + Bootstrap CSS Framework + MySQL Database + Linux Ubuntu User + Cost & Financial Accounting My Blog ... + http://ozs.web.id + http://latihanexcel.web.id My Publications ... + https://uniku.academia.edu/TeuWawuh My Books ... + Membangun Blog Wordpress + My Blog My Money

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *