SMK Negeri 2 Kuningan kembali menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian untuk akhir tahun ajaran 2020-2021. Uji Kompetensi Keahlian merupakan prosesi ujian akhir dibidang keterampilan bagi siswa SMK. Pada tahun ini rangkaian Ujian Kompetensi Keahlian dimulai tanggal 5 April 2021.

Pelaksanaan dimulai dari program keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dimana proses pengujian dilakukan oleh penguji eksternal dari praktisi perusahaan travel dari Cirebon. Mata uji yang diujikan adalah ticeting dan tour planing adapun waktu  pelaksanaan uji kompetensi keahlian dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 5 April s.d. 6 April 2021.

Untuk Program keahlian Bisnis Daring Pemasaran (BDP) dilaksanakan dihari yang sama dengan program keahlian Usaha Perjalanan Wisata, sedangkan mata uji kompetensi yang diujikan yaitu  Kompetensi Manata Produk dan Kompetensi Kasir.

Sedangkan program keahlian Otomotasasi Tata Kelola Perkantoran melakukan uji kompetensi keahlian meliputi mata uji

  1. Memproduksi dokumen
  2. Mengelola arsip
  3. Melakukan komunikasi melalui telepon
  4. Mengakses informasi melalui homepage
  5. Mengelola jadwal kegiatan pimpinan
  6. Membuat surat / dokumen elektronik
  7. Mengatur rapat / pertemuan
  8. Melakukan transaksi perbankan sederhana (Dana Kas Kecil)

Proses pengujian untuk program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran dilakukan oleh Tim Penguji dari Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kuningan.

Masih dihari yang sama program keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga juga melaksanakan uji kompetensi keahlian dengan melibatkan penguji eksternal  dari Balai Latihan Kerja Kabupaten Kuningan, Adapun kompetensi yang diujikan meliputi :

  1. Menerapkan prinsip praktik profesional dalam bekerja
  2. Menerapkan praktik-praktik kesehatan dan keselamatan di tempat kerja
  3. Memproses entry jurnal
  4. Memproses buku besar
  5. Menyusun laporan keuangan
  6. Mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet
  7. Mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi

Untuk program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer Jaringan dilaksanakan diwaktu yang berbeda yaitu pada tanggal 8 s.d. 9 April 2021.

Untuk program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, kompetensi yang diujikan adalah pemrograman web sedangkan untuk program keahlian Teknik Komputer Jaringan adalah kompetensi pengkablean dan konfigurasi perangkat jaringan komputer. Untuk program kehalian Teknik Komputer Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak proses pengujian dilakukan oleh pihak eksternal dari CV  CGY.

Berikut video dokumentasi kegiatan Uji Kompetensi Keahlian SMK Negeri 2 Kuningan Tahun 2021.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *