Program Keahlian Pemasaran merupakan salah satu dari 6 Program Keahlian yang ada di SMKN 2 Kuningan. Kompetensi yang dikembangkan di Kurikulum Merdeka Program Keahlian Pemasaran adalah Mata Pelajaran Bisnis Digital. Mata pelajaran memuat kompetensi-kompetensi yang digunakan untuk berkarir di dunia industri saat ini, baik bekerja pada pihak lain, berwirausaha secara mandiri maupun untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan kompetensi kejuruan. Selain itu juga berkontribusi untuk menunjang kompetensi dari lulusan yang akan berkarir di bidang Digital Entrepreneur, Content Writer, Social Media Specialist, Digital Marketing, Staft Merchandising, Costumer Service Online, dan Staff Purchasing.

Untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, perlunya dilakukan pendekatan dan memilih strategi, model serta metode pembelajaran sesuai kompetensi. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan di Program Keahlian Pemasaran adalah TEFA yaitu sebuah konsep pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis untuk menjawab tantangan perkembangan dunia industri saat ini dan nanti. Teaching Factory (TEFA) menjadi konsep pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya untuk menjembatani kesenjangan kompetensi antara pengetahuan yang diberikan sekolah dan kebutuhan dunia industri. Dengan TEFA, siswa dapat belajar dan menguasai keahlian atau keterampilan yang dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar kerja industri sesungguhnya.

PT HARAKA MULTI FAEDAH selaku pelaku usaha dan industry yang bergerak di bidang “Consumer Goods” dengan manajemen operasionalnya lebih menitikberatkan pada Digital Marketing. Sehingga perusahaan ini dapat dijadikan mitra untuk bekerjasama dalam proses pembelajaran sesuai kompetensi. Berdasarkan latar belakang perusahaan tersebut,maka pada tanggal 17 Mei 2023 dilakukan penandatanganan MoU antara SMKN 2 Kuningan dengan PT Haraka Multi Faedah. Tujuan MoU tentunya agar peserta didik lebih dini dikenalkan dengan DUDIKA sehingga diharapkan lulusan SMKN 2 Kuningan khususnya Program Keahlian Pemasaran dapat diserap dunia kerja dan memiliki ketrampilan yang mumpuni untuk menjadi seorang ahli Digital Business. 

Seperti halnya dalam pembelajaran di sekolah, mata pelajaran Bisnis Digital memuat kompetensi tentang Aktivasi Penjualan melalui Platform Digital, membuat Digital Branding, melakukan Digital Marketing dan sekaligus melakukan Digital Operation. PT Haraka menjawab tantangan ini untuk secara terprogram memberikan pendidikan dan pelatihan berdasarkan Sinkronisasi Kurikulum yang telah disusun bersama.

Berikut dokumentasi kegiatan kunjungan PT Haraka Multi Faedah Ke SMK Negeri 2 Kuningan.

By admin

Untuk izin repost artikel, penggunaan media photo atau video silahkan hubungi admin web SMK Negeri 2 Kuningan.