Sejak satu tahun yang lalu tepatnya awal tahun ajaran 2022/2023 Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Kuningan menjadi program keahlian Pusat Unggulan, adapun untuk SMK Pusat keunggulan program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak bertransformasi menjadi Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG).

Salah satu fokus utama dari program keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim adalah pengembangan Metaverse, metaverse sendiri merupakan lingkungan virtual yang ada berdampingan dengan dunia fisik dan di mana pengguna berinteraksi melalui avatar digital.

Konsep Metaverse pertama kali diperkenalkan dalam novel Amerika Neal Stephenson tahun 1992, Snow Crash. Karakter dalam Snow Crash adalah avatar yang bekerja di dunia virtual tiga dimensi (3D) dan di mana orang berinteraksi satu sama lain tanpa menggunakan sarana fisik, dunia maya ini dikenal sebagai metaverse.

Metaverse sendiri terdiri dari beberapa jenis, diantaranya :

  • Social Metaverse
  • Gaming Metaverse
  • Artificial Intelligence (AI) Metaverse
  • Virtual Reality (VR) Metaverse
  • Augmented Reality (AR) Metaverse
  • Blockchain/Decentralized Metaverse
  • E-Commerce Metaverse

Dari sekian jenis metaverse diatas, Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim SMK Negeri 2 Kuningan memfokuskan pada Virtual Reality (VR) Metaverse dan Augmented Reality (AR) Metaverse.

Proses pembelajaran pengembangan Virtual Reality (VR) Metaverse dan Augmented Reality (AR) Metaverse membutuhkan perangkat yang mumpuni baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Sampai saat ini SMK Negeri 2 Kuningan telah memiliki perangkat yang dibutuhkan untuk mengembangkan Virtual Reality (VR) Metaverse dan Augmented Reality (AR) Metaverse, berikut adalah dokumentasi pembelajaran dalam mengembangan Virtual Reality (VR) Metaverse.

Dari kegiatan pembelajaran diatas, salah satu outputnya adalah membuat virtual reality seperti tampak pada video dibawah ini yang dijadikan sebagai bahan perlombaan LKS Tahun 2023 Tingkat Provinsi.

Contoh Produk Virtual Reality Metaverse Karya Siswa PPLG SMK Negeri 2 Kuningan

By admin

Untuk izin repost artikel, penggunaan media photo atau video silahkan hubungi admin web SMK Negeri 2 Kuningan.