Teknik Komputer dan Jaringan atau Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK Negeri 2 Kuningan berdiri sejak Juli 2016 saat ini telah berhasil melakukan kerjasama dengan Mikrotik Latvia melalui koordinator Mikrotik Akademy dari PT. Integrasi Data Nusantara. Pada kesempatan itu hadir beberapa unsur yang terlibat dari Sekolah dan dari Perusahaan diantara nya Bpk. Oky Tria Saputra, S.Kom sebagai Koordinator Mikrotik Akademy dari PT. Integrasi Data Nusantara, Bpk. Drs. Ibnu Udy Prasetyo, M.Eng selaku Kepala Sekolah, Bpk. Iis Trisno Iskandar, S.Pd selaku Kepala Program Keahlian TKJ/TJKT, Semua Wakil Kepala Sekolah, semua Kepala Program Keahlian, Semua Guru Produktif Keahlian TKJ dan Bpk. Udin Tahriludin, M.Kom sebagai Academy Trainer Mikrotik SMK Negeri 2 Kuningan.

Setelah melalui proses dan serangkaian persiapan yang panjang akhirnya hari ini Selasa 6 Juni 2023 pukul 10.00 WIB s.d 12.00 WIB bertempat di Ruang Multimedia SMK Negeri 2 Kuningan secara Resmi Mikrotik Akademy SMK Negeri 2 Kuningan dinyatakan dibuka secara langsung oleh Bpk. Oky Tria Saputra, S.Kom selaku Koordniator Mikrotik dari PT. Integrasi Data Nusantara dan disaksikan oleh semua unsur yang hadir dari Sekolah.

Pada kesempatan tersebut ada 3 pihak yang memberikan sambutan diantaranya Bpk. Oky Tria Saputra, S.Kom berpesan bahwa perusahaan jaringan per juni 2023 sebanyak 94 perusahaan nasional sedang membutuhkan karyawan yang memiliki kompetensi Mikrotik dan bersertifikat Mikrotik minimal MTCNA artinya banyak sekali peluang kerja untuk para alumni SMK Negeri 2 Kuningan yang berkeinginan bekerja di perusahaan jaringan, selain itu perusahaan tersebut tersebar secara nasional oleh karena itu siswa perlu dibekali dengan mental yang siap berpetualang keluar kota bahkan keluar negeri, selanjutnya Bpk. Drs. Ibnu Udy Prasetyo, M.Eng mengucapkan terimakasih kepada Perusahaan PT. Integrasi Data Nusantara yang telah memfasilitasi berdirinya Mikrotik Academy, selain itu meminta kepada perusahaan untuk memberikan gambaran tentang kurikulum Mikrotik yang sangat diperlukan di perusahaan sebagai bahan masukkan untuk kurikulum dan terakhir sambutan Bpk. Iis Trisno Iskandar, S.Pd mengucapkan terimakasih kepada seluruh Guru Teknik Komputer dan Jaringan serta seluruh stakeholder SMK Negeri 2 Kuningan yang telah mendukung berdiri nya Mikrotik Academy.

Mikrotik Academy merupakan program yang disediakan oleh perusahaan jaringan MikroTik di Latvia – Eropa Utara khusus untuk peningkatan kompetensi para calon praktisi jaringan dan pemberian sertifikat dari mulai level dasar, advance dan expert. Sasaran program Mikrotik diantaranya yaitu untuk murid dan mahasiswa. Dengan berdirinya secara resmi Mikrotik Academy di SMK Negeri 2 Kuningan pada tahun ini 2023 sekolah sudah bisa membuka Pelatihan dan Ujian Sertifikasi MTCNA (Mikrotik Certified Network Asosciation) kepada semua siswa SMKN 2 Kuningan baik jurusan TKJ maupun jurusan lainnya. Menurut ketua tim Mikrotik Academy dan sekaligus Kepala Program TKJ bahwa kami akan segera menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Mikrotik untuk para murid karena tantangan kami saat ini Teknik Komputer dan jaringan harus selalu mempersiapkan para alumi yang siap bekerja di perusahaan jaringan terutama pada bidang mikrotik. Keuntungan para murid SMKN 2 Kuningan yaitu bisa mendapatkan pembelajaran detail tentang mikrotik, mendapatkan pelatihan mikrotik, dan mengikuti ujian sertifikasi mikrotik berskala internasional dengan biaya yang relative murah.

Menurut Bpk. Iis Trisno Iskandar, S.Pd. bahwa pendirian mikrotik academy ini mengalami serangkaian proses yang panjang, dimulai dari menyiapkan guru yang siap menjadi adacemy trainer, mengikutkan ujian sertifikat MTCNA dan MTCRE, mengajukan kerjasama ke Latvia melalui PT. IDN. Proses yang Panjang ini dimulai sejak Januari 2020 s.d Mei 2023 dan pada 6 Juni 2023 Mikrotik Academy diresmikan. Sebagai rencana tindak lanjut dari resminya MoU, Selaku Ketua Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Bpk. Iis Trisno Iskandar, S.Pd, menuturkan bahwa Mikrotik Academy SMK Negeri 2 Kuningan akan segera mengadakan program pelatihan dan sertifikasi Mikrotik untuk para siswa/siswi Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Kuningan.

Berikut dokumentasi serah terima MoU dan bantuan alat dari Micortik Indonesia.

Kontributor : Program Keahlian TKJT

By admin

Untuk izin repost artikel, penggunaan media photo atau video silahkan hubungi admin web SMK Negeri 2 Kuningan.