Peta Jaringan Komputer

Untuk mengintegrasikan seluruh komputer yang berada didalam lingkup SMK N 2 Kuningan, maka tim teknisi MR SMK N 2 Kuningan membangun jaringan komputer SMK N 2 Kuningan yang menghubungkan Lab komputer 1 sebanyak 45 komputer, Lab. Komputer 2 sebanyak 43 Komputer, ruang guru dan TU sebanyak 15 Komputer dan Hotspot lebih dari 50 Klien, adapun jaringan ADSL yang digunakan adalah Telkom Speedy dengan Bandwith 2 Mbs. Berikut peta jaringan Komputer SMK Negeri 2 Kuningan :

Jaringan Komputer dan internet SMK N 2 Kuningan di-manage oleh 1 buah router utama yang membagi akses internet ke semua bagian di SMK N 2 kuningan termasuk Hotspot, pendistribusian jalur internet dilakukan dengan cara wireless dan wired, untuk wireless SMK N 2 Kuningan saat in baru membuat dua titik hotspot yang terletak di tengah Linkngungan SMK N 2 Kuningan dan di area belakang sekolah untuk menjangkau blank spot, dan rencana nya akan dilakukan penambahan lagi satu buah hotspot.

Selain memasang router utama juga memasang satu buan server dengan spesifikasi 4 GB RAM, Intel Xeon Quad Core, 1 TB Hardisk untuk keperluan web server, database server, ftp server, ssh server dan sebagai chace untuk transparent web proxy, sedangkan server kedua khusus difungsikan sebagai NAS (Network Attached Server) / File Server yang akan diakses oleh Tata Usaha dan guru sebagai media penyimpanan online di intranet.

Dengan kedua server tersebut SMK N 2 Kuningan memiliki jalur intranet untuk keperluan Sistem Informasi Management dan Media Pembelajaran via Intranet serta Media Penyimpanan via Intranet bagi Guru-guru. 

Pada  masing-masing bagian untuk melindungi jaringan dibagian yang bersangkutan dari area hotspot yang terbuka maka dipasang masing-masing satu buah router.