Unit Produksi

Unit Produksi merupakan suatu sarana pembelajaran, berwirausaha bagi siswa dan guru serta memberi dukungan operasional sekolah. Untuk manajemen sekolah Unit Produksi merupakan salah satu optimalisasi pemanfaatan sumber daya sekolah. Atas dasar tersebut maka SMK N 2 Kuningan membentuk beberapa unit produksi untuk mengembangkan jiwa wirausaha bagi siswa dan guru, adapaun unit produksi yang dimiliki sampai saat ini adalah sebagai berikut :

Warung Serba Ada (Waserda)

Salah satu unit produksi yang ada di SMK Negeri 2 Kuningan adalah warung serba ada, konsep yang diterapkan adalah konsep mini market, warung serba ada di SMK 2 menyediakan kebutuhan sehari-hari baik makanan, minuman, dan alat-alat tulis keperluan siswa dan guru.

Bussiness Center

Bussiness Center berperan sebagai grosir untuk para pedagang disekitar wilayah SMK N 2 Kuningan dan para orang tua siswa yang memiliki toko / warung di tempat tinggalnya, selain itu fungsi utama bussines center dijadikan sebagai sebagai sarana praktek siswa program keahlian penjualan.

Copy Center

Untuk memenuhi kebutuhan penggandaan dokumen-dokumen bagi siswa maupun sekolah, maka unit produksi SMK Negeri 2 Kuningan mendirikan Unit Produksi Copy Center. Sampai saat ini unit produksi copy center memiliki dua unit mesin photo copy digital.

Pusat Pendidikan Komputer (Pusdikom)

Pusdikom berperan sebagai unit produksi yang bergerak dibidang training dan pelatihan bidang komputer, dimana setiap siswa pada akhir masa training dan pelatihan akan diuji, kurikulum yang dijadikan dasar training adalah kurikulum standar microsoft karena sampai saat ini Pusdikom bekerja sama dengan LSP TIK E-biz sebagai mitra resmi microsoft. Pada akhir masa training siswa akan diikut sertakan dalam ujian dan jika lulus dalam proses ujian, siswa akan memperoleh dua buah sertifikat skala nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan dari E-biz sebagai Mitra Resmi Microsoft Solution.

Organ Tunggal

SMK N 2 Kuningan memiliki unit produksi organ tunggal, organ tunggal digunakan sebagai sarana mencari bakat dari para siswa dalam bidang vokal. Setiap tahunnya SMK N 2 Kuningan dalam hal ini Unit Produksi organ tunggal mengadakan lomba olah vokal antar siswa dalam even Scada Song Festival (SSF), sebagai bentuk penghargaan kepada par pemenang maka setiap unit organ tunggal mengadakan even maka para juara SSF yang dijadikan sebagai penyanyi. Unit produksi organ tunggal tidak hanya melayani panggilan manggung dari luar namun melayani panggilan manggung dari keluarga besar SMK N 2 Kuningan.

Mini Bank

 

Sebagai upaya menanamkan kebiasaan menabung kepada para siswa maka SMK N 2 Kuningan mendirikan Mini Bank, aktifitas utama dari bank mini adalah aktifitas menabung dimana hasil tabungan siswa baru bisa diambil pada saat menjelang lulus dari SMK N 2 Kuningan, sebagai bentuk penghargaan maka setiap  akhir tahun diberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki nilai tabungan terbesar.