1. Visi Kompetensi Keahlian

Visi Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 2 Kuningan adalah : “ Menjadi Kompetensi Keahlian yang dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan religius di bidang pariwisata untuk menghadapi persaingan global.”

 

2. Misi Kompetensi Keahlian

Untuk mencapai visi tersebut, Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 2 Kuningan mengembangkan misi sebagai berikut :

  • Membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang bermartabat serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan siswa berbasis kecakapan hidup sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri bidang jasa pariwisata.
  • Memberdayakan dan mengembangkan teknologi informasi serta komunikasi bidang jasa pariwisata.

 

3. Tujuan Umum Kompetensi Keahlian

Tujuan umum Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 2 Kuningan adalah “Menghasilkan tamatan yang memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan dan kecakapan kerja dalam bidang Pariwisata serta mampu mengembangkan ilmu dan teknologi terapan bidang pariwisata yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja masa sekarang maupun masa yang akan datang dengan landasan iman dan taqwa.”

 

4. Tujuan Khusus Kompetensi Keahlian

Sedangkan secara khusus Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata bertujuan menyiapkan siswa/tamatan :

  • Memasuki lapangan kerja dan dapat mengembangkan sikap profesional sebagai Staf Biro/Agen Perjalanan Wisata, MICE dan Pemandu Wisata.
  • Mampu mengelola dokumen dan administrasi kantor.
  • Mampu menerima dan menerbitkan tiket penerbangan domestik dan internasional.
  • Mampu merencanakan, mengelola dan melaksanakan paket perjalanan wisata.
  • Mampu memberikan pemanduan wisata.
  • Mampu merencanakan dan membuat event/acara.
  • Menjadi warga negara yang produktif, adaptif, dan kreatif.

 

4. Profil Lulusan Kompetensi Keahlian & Bidang Pekerjaan

Lulusan Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW), setelah menyelesaikan pendidikan selama tiga (3) tahun dapat bekerja pada berbagai bidang pariwisata, sebagai berikut :

  • Staf Reservasi & Ticketing Domestik/International
  • Staf Airlines (Maskapai Penerbangan)
  • Staf Biro/Agen Perjalanan Wisata
  • Staf Bandara/Airport
  • Pemandu Wisata Junior
  • Staf Event Organizer
  • Tenaga teknis bidang pariwisata lainnya (Hotel, Cruise Ship)
  • Wirausaha bidang Usaha Perjalanan Wisata/MICE

 

5. Sejarah Pendirian Kompetensi Keahlian

Pada awalnya SMK Negeri 2 Kuningan sebagai sekolah kejuruan yang hanya berbasis pada bidang Bisnis dan Manajemen (SMEA), hingga pada tahun 2003 atas prakarsa dari Bapak Kepala Sekolah Drs. Tarmidi, M.Pd., serta sesuai dengan program nasional pengembangan SMK, khususnya untuk bidang pengembangan pariwisata, maka didirikanlah Program Keahlian Usaha Jasa Pariwisata (UJP) dengan kegiatan belajar mengajar dimulai pada tahun pelajaran 2003-2004, hal ini berdasarkan pada Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kuningan Nomor : 420 / 1320-Disdik/2004 yang pada saat itu hanya satu rombongan belajar dengan Kepala Program Keahlian Bapak Drs. Yayat Ruhyat.

Program Keahlian Usaha Jasa Pariwisata (UJP) tercatat sejak tahun 2004 juga telah resmi menjadi anggota Association of Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Chapter Jawa Barat, dengan Nomor Induk Anggota  0267 / IX/DPP/2004.

Pada tahun 2008, berdasarkan SK Dirjen Nomor 251/C/Kep/mn/2008 tentang Spektrum Keahlian, maka nama Program Keahlian Usaha Jasa Pariwisata (UJP) berubah menjadi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dengan kepala Kompetensi Keahlian Bapak Hendi Suhendi, S.Pd.M.Pd.

 

6. Periodisasi Kepala Kompetensi Keahlian

No. Nama Kepala Kompetensi Keahlian Periode
No. Nama Kepala Kompetensi Keahlian Period
1. Drs. Yayat Ruhyat 2003 – 2008
2. Hendi Suhendi, S.Pd.,M.Pd. 2008 – 2019
3. Nunik Nurdiati, S.Pd.,M.Pd. 2019 – Sekarang

 

7. Prestasi Akademik Kompetensi Keahlian

  • Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Tourist Industry Tingkat Jawa Barat Tahun 2005.
  • Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Tourist Industry Tingkat Jawa Barat Tahun 2015.
  • Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Tourist Industry Tingkat Jawa Barat Tahun 2017.
  • Kerjasama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) untuk relawan guru Bahasa Korea mulai tahun 2015 s.d 2019.
  • Short Course TAFE Institute di Sydney Australia untuk guru Usaha Perjalanan Wisata pada bidang Hospitality and Event Management tahun 2019.

 

8. Profil Kepala Kompetensi Keahlian

NIP 197910292014092001
NUPTK 2361757659300053
Nama Lengkap Nunik Nurdiati, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Terakhir Pasca Sarjana (S2)
TMT CPNS 01 September 2014
Nomor SK CPNS 813/KPTS. 549-BKD/2014

 

9. Profil Guru Kompetensi Keahlian

Nama Lengkap : Hendi Suhendi, S.Pd.,M.Pd.
Pendidikan : STIEPAR Bandung, Universitas Kuningan
Mata Pelajaran : Perencanaan & Pengelolaan Perjalanan Wisata

 

Nama Lengkap : Nunik Nurdiati, S.Pd.,M.Pd.
Pendidikan : STIEPAR Bandung, Universitas Kuningan
Mata Pelajaran : Pemesanan Tempat & Ticket Penerbangan

 

Nama Lengkap : Trisye Fujianti, S.Pd.,M.Pd.
Pendidikan : Unswagati Cirebon
Mata Pelajaran : Pemanduan Wisata

 

Nama Lengkap : Nena Nurhasanah, S.Pd.
Pendidikan : Universitas Kuningan
Mata Pelajaran : M.I.C.E

 

Nama Lengkap : Anang Sutisna, S.Pd.,M.Pd.
Pendidikan : Universitas Kuningan
Mata Pelajaran : Komunikasi Industri Pariwisata

 

10. Testimoni Lulusan/Alumni

Nama : Ogi Mahripat
Jurusan/Tahun Lulusan : UPW / 2016
Bekerja : OWNER TRAVEL AGENT – JAKARTA

Halo, saya Ogi Mahripat, alumni UPW tahun 2016. Pengalaman saya selama belajar di UPW yang saya rasakan fasilitas, kualitas dan pengajarnya begitu kompeten. Dan yang harus digaris bawahi yaitu ilmu yang dipelajari di sekolah sama dengan ilmu yang dikerjakan di dunia kerja. H-7 sebelum kelulusan sekolah, Alhamdulillah saya sudah bekerja di Travel Agent di Bali padahal saya statusnya masih belum lulus dari sekolah. Poin penting disini adalah saya diberikan jembatan oleh sekolah terkhusus jurusan UPW untuk meraih cita-cita sendiri dan tentunya orang tua bahwa anaknya langsung bekerja. Jadi, kepada bapak/ Ibu para orang tua, UPW Scada memiliki kualitas terbaik untuk putra/putri Bapak/Ibu dalam menuntut ilmu di dunia Pariwisata.“Kualitas bukanlah suatu kebetulan; kualitas selalu berasal dari usaha yang cerdas.” (John Ruskin)

 


Nama : Ray darmawan
Jurusan/Tahun Lulusan : UPW / 2016
Bekerja : PT. HIS TRAVEL – Cikarang

Menurut saya belajar di jurusan UPW itu sangat menyenangkan dikarenakan kita belajar tidak hanya di kelas saja namun kita bisa belajar sambil mengunjungi objek-objek wisata. Di jurusan pariwisata kita bisa mengenal hal-hal unik mengenai pariwisata secara luas, seperti bagaimana kita merencanakan sebuah tempat menjadi sebuah rekreasi, pemasarannya yang berkaitan dengan politik, kebijakan, teknologi, trend dunia, dan sebagainya, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk kenyamanan wisatawan dll , selama sama saya belajar pariwisata di sekolah, saya sudah mengunjungi berbagai objek wisata di kuningan , ternyata di kuningan banyak loh objek wisata yang ngga kalah indah dengan objek wisata luar kota . Untuk masalah karir alhamdulilah lulusan pariwisata bisa bekerja sebagai travel consultant , tour guide , menejemen hotel, staff airlines , bahkan bisa kerja di kementrian pariwisata .seperti halnya saya sekarang bekerja sebagai travel consultant di salah satu travel agent ke-2 terbesar di Asia hal ini tentu menjadi kebanggan bagi saya sendiri sebagai lulusan UPW SMK N 2 Kuningan

Untuk adik-adik yang berkeinginan masuk ke SMKN 2 Kuningan, Pokok nya recomendet banget untuk pilih jurusan UPW, Terima kasih

( 有難うございます )

 


 

Nama : Evin Maryam
Jurusan/Tahun Lulusan : UPW / 2017
Kuliah : Universitas Gunadarman Jurusan Destinasi Pariwisata (Beasiswa)

Nama saya Evin Maryam asal Desa Gunungaci Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan Jawa Barat. saya adalah lulusan 2017 dan alhamduliah saya menjadi lulusan terbaik dari Usaha Perjalanan Wisata. Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 2 Kuningan adalah jurusan yang tidak pernah saya sesali, karena selama 3 tahun sekolah di jurusan tersebut saya di bimbing oleh para guru profesional yang notabene background mereka adalah pariwisata juga. Tiga tahun di Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 2 Kuningan begitu sangat meninggalkan kenangan yang indah,mengesankan dan menegangkan. yaitu keindahan ketika city tour bersama, mengesankan ketika kita diberi tugas 3 bulan untuk Prakerin di luar kota, dan menegangkan ketika issued ticket pesawat orang lain termasuk suka duka saat praktek tour guide dan ticketing serta masih banyak keindahan lainnya yang tidak bisa dituliskan disini tetapi selalu terkenang di dalam hati saya.

Belajar di Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 2 Kuningan memberikan saya semangat yang luar biasa untuk menekuni bidang pariwisata yang lebih dalam lagi, alhamdulillah lulus pada tahun 2017 saya diterima menjadi mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan Destinasi Pariwisata dengan beasiswa. Bagi saya, Pariwisata itu adalah keindahan yang harus ditelusuri lebih dalam dengan sebuah keikhlasan maka akan menemukan titik terindah dari pariwisata tersebut.


Nama : Yeni Fitriani
Jurusan/Tahun Lulusan : UPW / 2017
Bekerja : TRAVINDO MULTI EKSPRESS – JAKARTA

Pengalaman selama sekolah di SMK 2 Kuningan tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, dimana SMKN 2 Kuningan ini memang salah satu sekolah di kuningan yg mempunyai Jurusan USAHA PERJALANAN WISATA yang bagus, banyak relasi ke Travel-Travel di luar kota. Dulu saya di sekolah termasuk siswa yang biasa-biasa saja dan belum pernah berprestasi. Pada Tanggal 01Jul-01Agustus 2017, saya mulai bekerja di Travel Umroh, walaupun saya belum dapat Ijazah. Pada tanggal 01 Agustus resign dari Travel umroh dan berlanjut ke Travel dimana dulu tempat PKL kelas XI yaitu di TRAVINDO MULTI EKSPRESS di Jakarta, dan mulai kerja di sini dari tanggal 10Agustus sampai sekarang.

Pengalaman saya selama bekerja, diantaranya :

  • 17 Januari di beri kepercayaan Famtrip ke China Hainan selama 5 Day
  • 29 April membawa Group dan bekerja sebagai Tour Leader selama 4 Day ke China
  • 23 September membawa Tour kembali ke China selama 4 Day

Suatu pengalaman yang sangat-sangat seru bisa bulak balik ke luar negeri, dimana kerja tapi sambil jalan-jalan gratis , dapat rezeky pula…sekian pengalamannyaaa , saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak khususnya SMKN 2 KUNINGAN dimanaaa saya bisa seperti sekarang berkat Guru-Guru nya, dan doa orang tua dan lainnya juga.


 

Nama : Ana Kurnia
Jurusan/Tahun Lulusan : UPW / 2018
Bekerja : PT. IndoGo Tour & Travel sebagai travel concultant

Awal saya lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) saya sudah berminat dengan sekolah Pariwisata dan dengan tujuan jurusan Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri 2 Kuningan, akhirnya saya memutuskan untuk bersekolah disini dan pertama saya mengetahui UPW yang saya pikirkan saya bisa membawa orang-orang yang ingin travelling dan saya yang menjadi pemimpinnya atau dengan kata lain pariwisata disebut dengan Tour Leadernya. Ketika saya masuk ke Jurusan Pariwisata yang ada dalam pikiran saya ternyata bisa diwujudkan di Jurusan tersebut, mengingat ada beberapa pelajaran lagi yang bisa dipetik dari Jurusan Pariwisata ini seperti pengetahuan perhotelan, ticketing & reservasi, tour planning, MICE dan kelebihan dari Jurusan Pariwisata ada tambahan Bahasa Asing yakni Bahasa Korea. Kita bisa berbahasa asing selain Bahasa inggris, saya pikir dengan adanya tambahan Bahasa asing bisa memotivasi juga untuk jadi Tour Leader ketika ada yang mau travelling ke Korea.

Terimakasih kepada para pengajar di Jurusan Pariwisata khususnya Pak Hendi dengan keluasan wawasan yang beliau miliki dengan memberikan ilmu bagaimana kita bisa menjadi tour planner yang baik.

Kepada Ibu Nunik dengan wawasan beliau juga yang memiliki background sebagai seorang ticketing yang handal juga kepada Ibu Nena yang mengajarkan bagaimana mengadakan sebuah event yang tertata , kemudian Pak Yayat juga yang memiliki keahlian dalam bidang perhotelan dan yang terakhir Ms. Choi Jin Sil sebagai relawan pengajar Bahasa Korea. Tidak saya sia-siakan akan ilmu yang mereka berikan, mulai dari belajar tour quotation, belajar ticketing dan reservasi, belajar menjadi EO dan masih banyak lainnya hingga saatnya saya diberikan pengalaman dengan melakukan Training/Prakerin di salah satu perusahaan tour and travel dan dari situlah saya tahu gambaran pekerjaan di perusahaan travel agent.