Perangkat Pengembangan Aplikasi Web Berbasis Server

Dalam pengembangan aplikasi berbasis web dibutuhkan perangkat-perangkat pendukung, berikut perangkat-perangkat pendukung dalam pengembangan aplikasi berbasis web

  1. Hardware
    Perangkat keras yang dibutuhkan yaitu :

    • PC Desktop / Laptop
      Digunakan untuk melakukan pengetikan pengkodean bahasa pemrograman
    • Printer
      Digunakan untuk melakukan simulasi pencetakan output dari aplikasi yang dibuat
    • Modem
      Digunakan untuk koneksi ke internet apabila aplikasi yang dibangun akan disimpan di server hosting
  2. Software
    Digunakan untuk membantu proses pengkodean bahasa pemrograman, berikut adalah software-software yang diperlukan :

    1. Aplikasi Web Server
      Web server digunakan untuk menjalankan script-script bahasa pemrograman, jika menggunakan bahasa PHP maka apache adalah web server nya, jika menggunakan JSP maka tomcat adalah web server nya dan jika menggunakan bahasa ASP maka Microsoft IIS adalah web servernya.

      Jenis-jenis Web Server

    2. Aplikasi Database server
      Aplikasi database digunakan untuk menyimpan data yang diinput melalui form dihalaman web browser menggunakan program yang dibuat, ada banyak aplikasi database server, diantaranya MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server, Oracle.

      Maca-macam aplikasi database

    3. Text Editor
      Digunakan untuk mengetik kode-kode bahasa pemrograman, banyak tersedia dari para pengembang software yang menyediakan text editor seperti Notepad++, Atom Editor, Sublime Text atau yang lainnya

      Macam macam text editor

    4. Image Editor
      Digunakan untuk mengelolah gambar photo, karena halaman web tidak terlepas dari pengolahan photo dan image maka aplikasi ini harus disediakan, contoh aplikasi ini adalah Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Gimp, dll.

      Gimp Image Editor

    5. Browser
      Digunakan untuk menjalankan program yang dibuat dan melihat hasilnya serta menampilkan pesan error pada saat pembuatan program, contoh browser yaitu Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera dan lain-lain.

      Jenis-jenis browser

    6. Paket Server Paket server diperlukan apabila tidak mau direpotken dengan instalasi web server dan database server secara terpisah, sehingga sekali install paket server didalamnya sudah terinstal sekaligus beberapa server, berikut adalah contoh paket server seperti XAMPP untuk Windows, LAMPP untuk Linux, MAMP untuk Apple.

      Jenis-jenis paket server

Itulah hal-hal yang harus dipersiapkan baik hardware maupun software sebagai perangkat pembuatan aplikasi berbasis server.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *